Anak

Produk Pembersih Rumah Tangga Berisiko Bikin Anak Gemuk

Kok bisa sih?

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Produk Pembersih Rumah Tangga Berisiko Bikin Anak Gemuk. (Medical News Today)
Produk Pembersih Rumah Tangga Berisiko Bikin Anak Gemuk. (Medical News Today)

Himedik.com - Meningkatnya tingkat obesitas pada anak membuat banyak penelitian membahas gaya hidup terutama pada usia muda.

Dalam temuan baru, para peneliti dari Kanada menyebutkan produk pembersih rumah tangga dapat memengaruhi bakteri usus anak.

Penelitian dengan judul ''Paparan postnatal untuk desinfektan rumah tangga, mikrobiota usus bayi dan risiko kelebihan berat badan pada anak-anak'' diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal pada 17 September.

Dilansir dari Medicaldaily, tim peneliti memeriksa hampir 800 bayi. Mereka juga melihat paparan disinfektan, deterjen dan produk pembersih lainnya yang digunakan di rumah.

''Kami menemukan bayi yang tinggal di rumah dengan disinfektan yang digunakan setidaknya setiap minggu dua kali lebih mungkin memiliki tingkat mikroba usus Lachnospiraceae yang lebih tinggi pada usia 3-4 bulan,'' kata Anita Kozyrskyj, seorang profesor pediatri di University of Alberta.

Hadirnya Lachnospiraceae di usus dianggap normal. Tetapi ketika bakteri ini ada dalam kadar tinggi maka dikaitkan dengan lemak tubuh yang lebih tinggi dan resistensi insulin.

Produk Pembersih Rumah Tangga Berisiko Bikin Anak Gemuk. (Best HD Wallpaper Wallpaper for Your Gadget and Items)
Produk Pembersih Rumah Tangga Berisiko Bikin Anak Gemuk. (Best HD Wallpaper Wallpaper for Your Gadget and Items)

Hubungan itu ditemukan dalam studi baru yang menjelaskan bayi yang memiliki tingkat Lachnospiraceae lebih tinggi juga memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi pada saat mereka berusia tiga tahun.

Tetapi anak-anak yang tinggal di rumah dengan menggunakan pembersih ramah lingkungan cenderung kurang mengalami kelebihan berat badan pada saat mereka berusia tiga tahun.

Kozyrskyj mengatakan pola diet yang baik dan gaya hidup sehat ibu secara keseluruhan dapat membantu memastikan BMI sehat dan komposisi mikrobiom usus yang tepat pada bayi.

Awal tahun ini, para peneliti dari Spanyol mempresentasikan sebuah penelitian yang menyoroti bagaimana produk sehari-hari seperti plastik dan pestisida memainkan peran dalam risiko obesitas kita.

Salah satu dari tujuh rekomendasi mereka adalah untuk mengurangi penggunaan produk pembersih yang mengandung obesogen atau memilih produk yang ramah lingkungan.

Berita Terkait

Berita Terkini