Anak

Bayi Sering Menangis? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Beberapa situasi tertentu dapat menyebabkan bayi mudah menangis.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi bayi menangis (pixabay)
Ilustrasi bayi menangis (pixabay)

Himedik.com - Bayi sering menangis adalah hal yang wajar. Biasanya bayi menangis karena popoknya sudah penuh, ingin ASI, dan lain sebagainya.

Lantas mengapa jika sudah diberi susu dan sudah diganti popok, bayi masih tetap saja menangis tak henti-henti? Ketahui penyebabnya di sini yuk, Moms.

1. Bayi lapar

Jika bayi menangis setelah bangun tidur, mungkin bayi kamu lapar. Berilah susu sampai dia merasa kenyang dan berhenti minum susu.

2. Bayi lelah

Ketika si kecil menangis dan kamu menenangkan dengan cara mengajaknya bermain tapi dia tetap menangis, berarti bayi kamu lelah dan ingin tidur.

3. Bayi merasa tidak nyaman

Popok yang terlalu basah, ruangan yang terlalu panas atau dingin, dapat membuat bayi menangis karena tidak nyaman. Coba cari penyebab dia merasa tidak nyaman dan segera atasi masalahnya.

4. Bayi merasa kesakitan

Bayi dapat menangis tiba-tiba saat tubuhnya demam atau meriang. Segera cek suhu badannya untuk memastikan apakah bayi kamu sakit atau tidak.

5. Bayi merasakan stimulasi berlebihan

Bayi akan mudah menangis ketika di lingkungan yang berisik, terdapat banyak orang, atau banyak orang berusaha mendapat perhatian bayi kamu. Jika berada dalam situasi ini, bawalah si kecil ke tempat yang lebih sepi dan tenang.

6. Bayi bosan

Bayi akan bosan dan kemudian menangis ketika dia hanya duduk di stroller dan ibunya sibuk makan, mengobrol, atau bermain handphone. Coba berilah perhatian lebih pada si kecil agar dia tidak menangis lagi.

7. Bayi merasa takut

Jika sedang di tempat umum dan dia menangis karena ada orang yang ingin menggendongnya atau menyentuhnya, menandakan bayimu merasa takut akan orang yang dianggapnya asing.

Jika belum mengetahui penyebab bayi kamu menangis, kamu bisa coba peluk, tepuk-tepuk sambil menggendongnya, atau berikan pijatan halus agar dia tenang.

Berita Terkait

Berita Terkini