Anak

Kaki Putrinya Pakai AFO, Selebgram Namira Monda Jelaskan Fungsinya

Namira Monda telah menuliskan kisah Auro didiagnosis Cerebral Palsy tipe spastik.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Namira Monda dan Auro. (Instagram/@namiramonda)
Namira Monda dan Auro. (Instagram/@namiramonda)

Himedik.com - Selebgram Namira Monda mengunggah video putrinya, Aurora Zalfa Remialdy, yang tengah menjalani proses pencetakan Ankle Foot Orthosis (AFO). Video tersebut diunggah si pemilik akun Instagram @namiramonda pada Rabu (2/1/2019).

Menyertai video itu, keterangan panjang ditulis ibu satu anak yang akrab disapa 'Amih' ini. Amih menjelaskan fungsi AFO yang dikenakan Auro.

"Ini banyak yang nanyain beli di mana, fungsinya buat apa. Maaf belum balesin satu-satu karena emang niat mau jelasin sepengatahuan gue aja dulu ya. AFO ini adalah alat bantu ortopedi yang dipasangkan pada area ankle untuk mempertahankan posisi kaki pada bentuk normalnya manusia," tulis Amih.

"Untuk Auro dengan kasus CP (cerebral palsy) mengalami spastik, ini kalau berdiri tegap, telapak kaki jika menapak suka mencong, duh naon bahasanya ya haha," lanjutnya.

Diketahui, dalam blognya pada November 2017, Namira Monda telah menuliskan kisah Auro ketika mendapat sejumlah diagnosis, termasuk Cerebral Palsy tipe spastik. Saat itu, Auro belum genap berusia setahun.

Amih menyebutkan, Auro yang kini berusia 3 tahun, telah mengenakan AFO sejak usia 6 bulan. Setiap satu tahun AFO tersebut diganti mengikuti pertumbuhan si anak.

Untuk proses pencetakan AFO ketiga, Amih menggunakan jasa Fakhri Utama, seorang ahli ortotik prostetik. Setelah dicek, rupanya kondisi spastik Auro berkurang.

 

"Untunglah ketemu Om @fakhrirekha, bisa ke rumah dan dijelasin detail, dicek dulu, ternyata spastik Auro ini berkurang banget, gak terlalu kaku kakinya," ungkapnya.

Meski begitu, Auro tetap harus mengenakan AFO untuk mengoreksi postur kakinya. Amih kemudian menyebutkan keunggulan AFO buatan Fakhri itu.

"Tapi (Auro) tetap harus pakai AFO untuk mencegah kaki masuk ke dalam, mengoreksi kaki yg jinjit dan kaku, dan paling penting untuk penguatan modal utama untuk berdiri. Alhamdulillah lah kalau spastiknya berkurang.

Setelah liat hasil AFO dari Om @fakhrirekha, menurut gue, yang udah tiga kali ganti klinik bikin AFO, hasil AFO ini paling bagus, dari bahan, jahitan, dan paling penting garansi. Kalau ada yang rusak, paling penting lagi bisa dipanggil ke rumah.

AFO Auro juga dibuat agar bisa masuk sepatu, jadi kalau jalan-jalan ke mal bisa tetap pakai AFO, saranku nanti beli sepatu lagi dan size-nya dilebihkan agar masuk. Selain AFO, Om Fakhri juga membuka jasa khusus pembuatan kaki palsu, dll.

Untuk harga AFO ini beda-beda ya karena dilihat dari ukuran dan kebutuhan lainnya. Yang mau tanya-tanya atau buat AFO sama @fakhrirekha bisa DM langsung atau via WA ya di +62 812-1387-3353. Semoga info ini bisa membantu ya," tutup Namira Monda.

Berita Terkait

Berita Terkini