Anak

Hindari Covid-19, Intip 7 Cara Agar Anak Betah Memakai Masker

Memakai masker menjadi hal wajib ketika keluar rumah saat pandemi corona, baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)

4. Beri tahu alasan mengapa harus memakai masker

Pastikan anak tahu mengapa kita disarankan memakai masker, yang pada dasarnya untuk menjaga diri mereka sendiri dan orang lain tetap aman. Untuk anak-anak yang masih kecil, cobalah membandingkannya dengan hal-hal yang sudah mereka ketahui dan mereka lakukan untuk menjaga diri tetap sehat, seperti mencuci tangan.

5. Percayakan pada pengaruh guru dan teman-temannya

"Sekolah akan memiliki kebijakan sendiri, dan sekolah tahu apa yang mereka lakukan," kata Lewis. Bisa saja anak menolak memakai masker ketika Anda memintanya, tetapi ia akan dengan sukarela memakainya di sekolah ketika melihat guru dan teman-teman mereka melakukannya.

6. Pastikan maskernya benar-benar nyaman

Kita mungkin tidak punya pengalaman membeli masker yang bagus untuk anak, karena ini adalah hal baru bagi kita semua. Tetapi, tidak semua masker dibuat sama, dan tidak semua masker akan terasa nyaman di wajah anak Anda

"Jangan hanya bertanya kepada mereka, 'Apakah maskernya tidak nyaman?', karena mereka akan mengatakan tidak," Tappon tertawa.

Tapi perhatikan baik-baik dan pastikan maskernya tidak tertarik ke belakang telinga atau terlalu tebal sehingga menyulitkan mereka untuk bernapas. Mungkin perlu sedikit trial and error untuk menemukan masker yang nyaman untuk anak Anda.

Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)
Ilustrasi anak memakai masker. (Shutterstock)

 

7. Jangan memaksa

Beberapa anak mungkin tidak bisa mentoleransi penggunaan masker - entah karena masalah kesehatan atau pernapasan, dan itu adalah keadaan yang orangtua harus benar-benar diskusikan dengan dokter dan guru anak di sekolah.

Di luar itu, ada beberapa anak yang hanya akan menolak, menolak, dan menolak. Terutama pada anak yang masih terlalu kecil.

Untuk saat ini, coba saja secara bertahap. Lakukan saja yang terbaik yang Anda bisa. Jika anak Anda benar-benar tidak akan memakai masker, pastikan untuk mempraktikkan jarak sosial, dan kemudian coba lagi nanti.

Berita Terkait

Berita Terkini