Anak

Ayu Ting Ting Panik Lihat Panjang Kaki Anaknya Berbeda, Kenali Penyebabnya!

Ayu Ting Ting baru-baru ini menyadari bahwa panjang kaki anaknya, Bilqis berbeda yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Shevinna Putti Anggraeni

Ayu Ting Ting dan anaknya, Bilqis. [Instagram/ayutingting92]
Ayu Ting Ting dan anaknya, Bilqis. [Instagram/ayutingting92]

Himedik.com - Beberapa waktu lalu, Ayu Ting Ting membuat konten Youtube bersama Bima Aryo. Di tengah video, Bilqis, anak Ayu Ting Ting ingin mencoba pijat kretek yang biasa dilakukan oleh Bima Aryo.

Bima Aryo pun sempat menyampaikan manfaat kretek atau chiropractic ini pada anak-anak. Sebelum ia mulai melakukan kretek pada Bilqis, ia meminta anak Ayu Ting Ting berbaring untuk mengukur panjang kakinya.

Saat itulah, Bima Aryo menemukan ketidakwajaran pada kaki Bilqis. Ia menunjukkan kepada Ayu Ting Ting bahwa panjang kaki Bilqis berbeda antara keduanya.

"Aku syok banget. Yu, tapi Ayu nggak tahu ini Yu? Sumpah demi Allah?" tanya Bima Aryo dalam channel YouTube Qiss You TV.

"Nggak tahu a', demi Allah. Itu jauh banget bedanya," sahut Ayu Ting Ting.

Bilqis saat dikretek Bima Aryo (YouTube.com)
Bilqis saat dikretek Bima Aryo (YouTube.com)

Memiliki satu kaki yang lebih panjang dari yang lain adalah kondisi yang relatif umum. Kondisi ini dikenal sebagai perbedaan panjang kaki. Beberapa Penelitian menunjukkan bahwa 40-70 persen orang memiliki beberapa bentuk perbedaan panjang kaki (LLD).

Perbedaan panjang kaki bisa berkisar dari sepersekian inci hingga beberapa inci. Semakin besar perbedaannya, maka semakin besar kemungkinan orang tersebut mengalami masalah dengan gaya berjalan, postur dan rasa sakit.

Dilansir dari Medical News Today, ada dua jenis perbedaan panjang kaki, yakni fungsional dan struktural. Jenis-jenis ini memiliki penyebab yang berbeda-beda.

1. Perbedaan panjang kaki fungsional

Pada LLD fungsional, tulang kaki memiliki panjang yang sama. Tapi, satu kaki terlihat lebih panjang dari lainnya karena ada masalah tubuh bagian panggul, pinggul, lutut, kaki dan pergelangan kaki.

Pada anak-anak, LLD fungsional dapat terjadi ketika seorang anak dilahirkan dengan masalah yang mengubah keselarasan pinggul mereka. Pada orang dewasa, LLD fungsional dapat diakibatkan oleh nyeri kronis atau artritis dan masalah terkait pada tulang belakang, pinggul, atau lutut.

Kondisi neuromuscular juga bisa menjadi penyebab LLD fungsional. Karena, kondisi ini bisa mempengaruhi keselarasan dan postur tubuh seseorang. Dalam beberapa kasus, olahraga pun bisa menyebabkan LLD fungsional.

2. Perbedaan panjang kaki struktural

LLD structural bisa terjadi ketika salah satu tulang paha atau tulang kering lebih pendek di satu kaki daripada yang lain. Kondisi ini biasanya muncul ketika lahir, tetapi juga bisa terjadi ketika anak tumbuh.

Beberapa penyebab potensial perbedaan panjang kaki structural meliputi cedera tulang, cedera, penyakit tulang, tumor tulang, dan juvene arthritis.

Berita Terkait

Berita Terkini