Info

Cuma Satu Menit Agar Kamu Bisa Tidur Cepat, Dijamin Ampuh!

Masalah tidur sering dialami sebagian orang. Tips di bawah ini bisa banget bikin kamu tidur cepat. Yuk, coba malam ini!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Himedik.com - Masih banyak yang sering mengalami kesulitan saat tidur di malam hari. Meski sudah berbagai cara dilakukan berulang, tetap saja kamu masih sulit untuk bisa terlelap.

Akhirnya jalan satu-satunya yang bisa kamu pilih adalah tak tidur sepanjang malam.

Nah, kali ini tim Himedik.com akan beri kamu tips satu menit agar kamu bisa cepat tidur. Tips ini disebut metode 4-7-8. Beberapa tindakan di bawah ini yang perlu kamu lakukan:

1. Bernapas dengan tenang melalui hidung selama empat detik.

2. Tahan napas selama tujuh detik.

3. Bernapas perlahan melalui mulut selama delapan detik.

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

Teknik ini benar-benar sederhana. Mungkin ini kelihatannya konyol, tapi ini sungguh bekerja. Cara kerja metode ini adalah ketika kamu sedang stres atau cemas, jumlah adrenalin dalam darah meningkat dan pernapasan menjadi lebih cepat dan ringan.

Latihan pernapasan ini bertindak sebagai semacam obat penenang. Dengan sengaja memperlambat napas, maka ini memaksa ritme jantung untuk melambat, membuat kamu tenang dengan sangat cepat.

Metode ini juga membantu menenangkan pikiranmu karena membantu kamu berkonsentrasi pada pernapasan.

Hasilnya seluruh tubuhmu menjadi rileks. Ini telah diselidiki oleh dokter medis Harvard, Andrew Weil yang menemukan bahwa metode '4-7-8' telah dikenal baik oleh para yogi India selama beberapa abad.

Teknik ini juga bisa kamu pakai saat kamu terbangun tengah malam atau saat merasa gugup menjelang kompetisi atau acara penting lain.

Gimana, malam ini mau coba tips tidur cepat?

 

Berita Terkait

Berita Terkini