Info

Apakah Tidur Pakai Kaus Kaki Baik Untukmu?

Pernah coba tidur pakai kaus kaki? Benarkah tindakan ini membawa manfaat untukmu? Ini jawabannya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Tidur pakai kaus kaki/pexels
Tidur pakai kaus kaki/pexels

Himedik.com - Meskipun tampak aneh, tidur memakai kaus kaki ternyata punya manfaat untukmu. Satu diantaranya adalah bisa bantu kamu tidur lebih cepat. Ini karena pengaturan suhu adalah bagian penting dari siklus tidur.

Menurut Institut Kesehatan Nasional, tidur sangat penting untuk fungsi otak. Rata-rata setiap orang menghabiskan sekitar sepertiga waktunya untuk tidur.

Kebanyakan orang mengalami kesulitan untuk tidur dari waktu ke waktu. Kaus kaki mungkin bisa menjadi solusi untuk hal ini.

Dilansir dari Medicalnewstoday, memakai kaus kaki saat tidur bisa membantu mengatur suhu internal tubuh. Sebuah studi pada 2007 menjelaskan orang dewasa yang memakai kaus kaki saat tidur bisa tidur lebih cepat.

Ini karena suhu tubuh turun pada malam hari dan mencapai suhu terendah sekitar jam 4 pagi.  Pemanasan kaki dan tangan membuat pembuluh darah melebar. Respon ini disebut vasodilatasi.

Tidur pakai kaus kaki/Juicing for Health
Tidur pakai kaus kaki/Juicing for Health

Pembuluh darah kemudian melepaskan panas melalui kulit dan membantu menurunkan suhu tubuh. Respon ini kemudian diterima otak dan membuat kamu merasa kantuk.

Suhu tubuh dipengaruhi oleh jam biologis yang disebut ritme sirkadian. Ritme ini mengontrol waktu tidur, membuat kamu merasa kantuk di malam hari dan bangun di pagi hari.

Suhu tubuh meningkat secara bertahap di siang hari dan memuncak pada sore hari dan kemudian menurun pada malam hari.

Ketika kamu tidur, suhu tubuh menurun 1 hingga 2 derajat. Ini terjadi karena tubuh menyimpan energi untuk fungsi lain.

Pakai kaus kaki saat tidur juga bisa mencegah penyakit Raynaud. Ini adalah kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di kulit.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang merasa kedinginan atau stres. Aliran darah ke tangan dan kaki berkurang. Akibatnya, jari tangan dan kaki mulai terasa dingin dan mati rasa.

Selain itu manfaat lainnya adalah mencegah muka memerah serta lebih mungkin untuk mencapai orgasme saat berhubungan seks.

Sudah tahu kan manfaat menggunakan kaus kaki saat tidur? Manfaat apa lagi nih yang kamu tahu?

Berita Terkait

Berita Terkini