Info

Mengapa Kamu Rasa Pusing Ketika Berdiri? Begini Penjelasannya

Rasa pusing yang kamu alami ketika ingin berdiri bisa terjadi karena beberapa faktor. Ini penjelasannya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kepala pusing/Harvard Health - Harvard University
Kepala pusing/Harvard Health - Harvard University

Himedik.com - Pernah nggak kamu merasa pusing ketika ingin berdiri? Rasanya seperti kepala berputar dan kurangnya keseimbangan. Kamu mungkin sering mengalaminya ketika bangun tidur atau saat berdiri dari tempat duduk.

Nah, dalam banyak kasus, rasa pusing ini akan hilang dalam beberapa detik. Dalam kasus seperti itu, ini menjadi hal yang tak perlu dikhawatirkan.

Menurut Dr. Phillip Low, seorang profesor neurologi di Mayo Clinic di Minnesota, jantung adalah pemompa dan ketika kamu berdiri tiba-tiba, jumlah darah yang masuk ke jantung berkurang. Ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah sementara dan butuh waktu yang singkat untuk ke keadaan normal.

Dilansir medicaldaily, istilah ini disebut hipotensi ortostatik yaitu penurunan tekanan darah sebelum kembali normal. Ini bisa menjadi tanda kamu tak cukup makan atau minum air.

Jika kamu tak makan, ini dapat menyebabkan penurunan gula darah sementara yang bisa menyebabkan dehidrasi. Akibatnya, aliran darah menjadi terhambat.

Penyebab lain misalnya, olahraga, kelelahan akibat panas, kehamilan, konsumsi alkohol dan kurang tidur. Dr Christopher Gibbons, seorang profesor neurologi di Harvard Medical School mengungkapkan kondisi ini menunjukkan tekanan darah telah menurun dan tak pulih.

Ilustrasi pusing/unsplash
Ilustrasi pusing/unsplash

Gibbons menjelaskan ini ada pengaruhnya dengan usia. Lima hingga sepuluh persen orang dewasa mengalami hal ini ketika berumur lebih dari 60 tahun.

Risikonya, mereka bisa jatuh dan mengalami patah tulang. Di lain sisi, jika kamu merasa ruangan seperti berputar-putar maka ini ada masalah dengan telinga bagian dalam.

Kondisi ini yang sering disebut vertigo. Ini bisa disebabkan oleh infeksi pada telinga atau cedera kepala yang membutuhkan perawatan medis.

Ini menjadi kondisi serius jika sering terjadi dan keadaannya semakin memburuk. Ingat, konsultasi dulu ke dokter sebelum membeli obat ya. Dan jangan berhenti minum obat tanpa saran dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini