Info

Lihat Tujuh Tanda Tahi Lalat yang Bisa Jadi Kanker Kulit

Tahi lalat ternyata bisa jadi ancaman bagimu. Perhatikan kondisinya, jangan sampai itu merupakan tanda kanker kulit.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Tahi lalat/Reader's Digest
Tahi lalat/Reader's Digest

Himedik.com - Gejala kanker kulit biasanya sangat terlihat karena paling sering terjadi pada permukaan kulit. Kamu mungkin memerhatikan perubahan abnormal pada area kulitmu dan ini adalah indikator terbaik dari penyakit ini.

Tanda melanoma yang paling umum - sejenis kanker kulit - adalah munculnya tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang ada. Ini dapat terjadi di mana saja di tubuh tetapi area yang paling sering terkena adalah punggung pada pria dan kaki pada wanita.

Semakin dini suatu melanoma ditemukan, semakin mudah untuk diobati. HiMedik sudah merangkum informasi dari express.co.uk soal tujuh tanda tahi lalat yang bisa menjadi kanker kulit menurut Cancer Research UK.

Jika tahi lalat menjadi lebih besar, perubahan bentuk, perubahan warna, kehilangan simetri, gatal atau menyakitkan, berdarah atau menjadi kerak, atau tampak meradang, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Badan Penelitian Kanker UK menjelaskan tahi lalat dengan tiga atau lebih sisi yang berbeda warnanya kemungkinan itu adalah melanoma.

Jika kamu memiliki area gelap di bawah kuku yang semakin besar dan bukan karena cedera, kamu juga harus memeriksakan diri ke dokter.

Tahi lalat/Skintour
Tahi lalat/Skintour

Melihat foto-foto tahi lalat dan melanoma yang abnormal dapat membantu kamu mengenali apa yang tak normal.

Melanoma disebabkan oleh sel-sel kulit yang mulai berkembang secara tak normal. Paparan sinar ultraviolet dari matahari dianggap menyebabkan melanoma.

Badan kesehatan ini menambahkan jenis paparan sinar matahari yang menyebabkan melanoma adalah paparan intens mendadak - misalnya, saat liburan, yang mengarah ke sengatan matahari.

Hal-hal tertentu dapat meningkatkan peluang berisiko melanoma, seperti memiliki banyak tahi lalat atau bintik-bintik, kulit pucat yang mudah memerah, rambut merah atau pirang, dan anggota keluarga dekat yang mengidap melanoma.

Ini tak dapat dicegah namun kamu dapat mengurangi kemungkinanmu dengan menghindari panasnya matahari. Gunakan tabir surya atau pakaian berlengan panjang untuk menutupi tubuhmu.

Kamu diharapkan untuk secara teratur memeriksa kulit agar bisa mencegah terjadinya kanker kulit ini.

Berita Terkait

Berita Terkini