Info

Bau Badan Ternyata Bisa Berasal dari Lima Makanan Ini

Ini 5 makanan pemicu bau badan. Simak di sini.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

bau badan/Farmers' Almanac
bau badan/Farmers' Almanac

Himedik.com - Sudah pakai deodoran tapi masih bau badan? Mungkin sudah saatnya kamu mengecek apa yang kamu makan hari ini. Beberapa makanan bukan hanya memberi bau mulut namun juga bisa menghasilkan aroma badan yang tak sedap.

Jadi, sudah ingat apa yang kamu makan hari ini? Kalau belum, HiMedik sudah menyiapkan beberapa makanan yang mungkin sudah kamu makan hari ini. Dilansir livestrong, lima makanan ini bisa menghasilkan aroma badan yang kurang sedap.

1. Sayuran Cruciferous

Sayuran crusiferous mungkin baik untuk usus, tapi ini tak begitu baik untuk bau badan. Makanan seperti brokoli, kubis dan kembang kol mengeluarkan bau belerang yang dapat membuat kelenjar keringat dan menyebabkan bau badan.

“Sayuran-sayuran ini merupakan masalah ganda untuk bau badan,” kata ahli gizi yang Shona Wilkinson. Tak hanya kaya belerang, sayur ini juga mengandung sejenis serat yang disebut raffinose.

Brokoli/pexels
Brokoli/pexels

Serat ini tak terurai di usus dan bisa sebagai sumber makanan untuk bakteri baik. Namun, produksi gas dari fermentasi bakteri yang bisa menimbulkan bau.

2. Daging Merah

Daging merah/pexels
Daging merah/pexels

Diet vegetarian baik untuk bau badan. Sebuah studi tahun 2006 menjelaskan pria dengan pola makan tanpa daging lebih memiliki aroma yang baik daripada mereka yang makan daging merah.

Alasan yang mungkin di balik ini adalah karena daging merah lebih sulit dicerna. Residu yang tertinggal di dalam pembusukan saluran pencernaan, akhirnya menghasilkan bau busuk dan racun yang dilepaskan melalui keringat.

3. Fenugreek

Fenugreek/De Lune
Fenugreek/De Lune

Fenugreek telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan gula darah dan lipid. Tanaman yang biji dan daunnya harum ini sering digunakan dalam memasak dan membuat obat namun memiliki bau yang kurang sedap.

4. Ikan

Ikan/pexels
Ikan/pexels

Ikan biasanya adalah salah satu makanan pertama yang muncul dalam pikiran ketika kamu berpikir tentang diet sehat karena semua asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi jantung.

Tetapi jika berbicara soal bau badan, beberapa orang harus menghindari makanan laut ini. Wilkinson menjelaskan makanan laut dengan beberapa makanan lain yang kaya akan vitamin - seperti susu sapi, telur, kacang, cokelat, dan kacang - bisa menjadi masalah bagi beberapa orang yang memiliki trimethylaminuria (sindrom bau ikan).

"Sindrom ini terjadi pada orang yang memiliki ketidakmampuan genetik untuk menghancurkan kolin, menghasilkan bau amis yang kuat," jelas Wilkinson. "Untuk mengobatinya, mereka harus menghindari semua makanan ini."

5. Kopi

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi

Kopi bukan hanya bikin napas bau, tapi juga bau ketiak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dalam kopi mengaktifkan kelenjar keringat dan menyebabkan keringat berlebih yang pada akhirnya menyebabkan bau badan.

Beralih ke kopi tanpa kafein atau teh yang kurang berkafein dapat membantu mengurangi masalah keringat. Jika mengurangi asupan kafein tak membuat bau berkurang, maka hindari kafein.

Berita Terkait

Berita Terkini