Info

Waspada! Lima Tanda Kamu adalah Psikopat

Psikopat biasanya sering menjahili teman atau orang di sekitarnya

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Psikopat (unsplash.com)
Psikopat (unsplash.com)

Himedik.com - Sebagian dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan psikopat. Penderita gangguan psikis ini seringkali jadi tokoh utama dalam film thriller yang bikin suasana film makin mencekam.

Ternyata tidak hanya di film, dalam dunia nyata psikopat ternyata berkeliaran di sekitar kita. Berbeda dengan orang gila, psikopat sadar apa yang dilakukannya.

Psikopat sengaja melakukan hal-hal jahat yang membuat kesenangan dalam dirinya. Mereka akan melakukan hal gila yang tidak masuk akal bahkan hingga melukai sesorang. Biasanya, sasaran psikopat adalah makhluk hidup seperti hewan dan manusia.

Tidak memandang siapapun orang yang ingin mereka lukai. Teman, sahabat, pacar, bahkan keluarga bisa menjadi sasarannya.

Sebelum menilai seseorang di sekitar kamu, mari kenali tanda-tanda psikopat. Siapa tahu kamu sendiri adalah psikopat.

1. Suka mencari sensasi

Psikopat biasanya suka dengan aktifitas yang berbahaya atau tertangkap basah melakukan sesuatu yang illegal. Biasanya, dia mengajak seorang teman untuk melakukan hal gila tersebut. Contohnya, mengajak menyetir saat malam hari di tempat yang gelap dan tidak pakai lampu sama sekali.

2. Kurang hati nurani

Penyesalan, rasa kasihan, simpati, empati, rasa sayang, dan belasungkawa terbatas pada diri psikopat. Mereka jarang dan hampir tidak pernah memiliki hal itu dalam dirinya.

Jika salah, psikopat sulit untuk bertanggung jawab dan cenderung menyalahkan orang lain. Penghiburan atau rasa simpati yang mereka berikan kepada seseorang hanyalah basi basi.

3. Manipulator

Jika seseorang atau teman kamu sering jahil kepadamu, apalagi jahilnya sudah di luar batas, kamu harus hati-hati. Ini salah satu tanda bahwa ia adalah psikopat.

Psikopat senang dan merasa puas jika melihat korbannya terjebak dalam manipulasinya.

4. Anti sosial

Tanda ini adalah tanda paling umum yang dapat ditemukan dalam diri psikopat. Mayoritas psikopat adalah seseorang anti sosial. Mereka lebih sering menyendiri dan menghindari bergaul dengan orang lain.

Apakah kamu menemukan tanda di atas dalam diri kamu atau teman kamu? Atau justru keluarga kamu?

Berita Terkait

Berita Terkini