Info

Rambut Beruban di Usia Muda, Mengapa?

Salah satu penyebabnya adalah stres

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Rambut beruban (shutterstock)
Rambut beruban (shutterstock)

Himedik.com - Uban dianggap sebagai hal yang kurang menyenangkan bagi sebagian remaja. Tentu saja, karena biasanya uban muncul pada orang lanjut usia.

Munculnya uban pada rambut merupakan proses alami. Lantas, mengapa uban juga dapat muncul pada sebagian orang di usia muda?

1. Stres

Stres (unsplash)
Stres (unsplash)

Produksi melanin yang dihasilkan oleh sel melanosit yang merupakan pigmen alami pewarna rambut akan macet saat kamu stres. Tentu saja rambutmu akan berubah warna menjadi putih jika melanosit dalam tubuhmu tidak dapat mencukupi produksi melanin.

Macetnya produksi melanin akibat stres ini sifatnya hanya sementara. Ketika stres hilang, produksi melanin dalam tubuh akan kembali normal.

Kamu bisa mengatasi hal ini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, karena vitamin B12 dapat menghambat dan mengatasi pertumbuhan uban di kepala.

2. Gizi buruk

Kurang gizi (unsplash)
Kurang gizi (unsplash)

Tidak hanya berdampak pada tubuh, tidak tercukupinya gizi juga akan berdampak pada rambut. Terutama jika kamu tidak memperhatikan kandungan nutrisi dalam mengonsumsi makanan.

Gizi buruk akan menyebabkan munculnya rambut putih, kemerahan, kusut, dan rusak pada usia muda.

3. Faktor genetik

Faktor genetik ini merupakan suatu keadaan di mana orang tua kamu memiliki masalah rambut beruban saat di usia muda yang kemudian diturunkan kepadamu.

Jika kalian memiliki masalah rambut beruban di usia muda bisa jadi salah satu faktor di atas penyebabnya.

Berita Terkait

Berita Terkini