Info

Sering Alami Sakit Kepala Seusai Bercinta? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Sakit kepala setelah bercinta ternyata disebabkan oleh hal ini.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Ketahui penyebab sakit kepala usai bercinta. (Mid-Day)
Ketahui penyebab sakit kepala usai bercinta. (Mid-Day)

Himedik.com - Hubungan intim bersama pasangan sejatinya membuat bahagia. Namun, terkadang muncul rasa sakit misalnya sakit kepala sesaat setelah bercinta.

Kondisi ini bisa merubah mood yang awalnya bahagia berubah menjadi sedih. Lalu, sebenarnya apa yang membuat rasa sakit kepala ini muncul?

Dikutip dari dailymail, ternyata kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan tekanan seksual yang meningkat saat terjadi kegembiraan seksual.

Kondisi sakit kepala setelah bercinta ini juga biasa disebut orgasme sakit kepala. Ini seperti tertusuk jarum yang muncul sesaat sebelum atau pada saat orgasme.

Hal ini dijelaskan oleh Dr Margaret Redelman, anggota Society for Sexologists Australia. Para ilmuwan tak yakin dengan apa akar penyebabnya, tapi teori menyebutkan hal itu terjadi karena bercinta mirip dengan olahraga.

Ilustrasi pasangan romantis. (shape.com.sg)
Bercinta seharusnya membawa mood bahagia (shape.com.sg)

Selama olahraga, pembuluh darah membesar, seperti apa yang terjadi saat seseorang melakukan olahraga berat seperti angkat besi.

Beberapa ahli mengatakan peningkatan aliran darah memungkinkan hormon penghilang rasa sakit mencapai otak. Sekitar satu persen orang mengalami sakit kepala selama atau setelah bercinta.

Ini dikenal secara medis sebagai cephalgia orgasme. Penelitian ini telah diterbitkan di British Journal of Medical Practitioners.

Berita Terkait

Berita Terkini