Info

Makan dengan Tangan Bisa Kurangi Risiko Penyakit Diabates Tipe 2

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi makan dengan tangan (doktersehat)
ilustrasi makan dengan tangan (doktersehat)

Himedik.com - Tahukah kamu bahwa Indonesia termasuk ke dalam 10 negara dengan penderita diabetes terbanyak?

Menurut data Federasi Diabetes Internasional tahun 2013, menyebutkan bahwa di Indonesia, penderita diabetes mencapai hingga 8,5 juta orang. Mereka yang terserang, berusia 20-79 tahun.

Mirisnya, kurang dari 50 persen penderita tidak menyadari bahwa mereka terkena diabetes.

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Selain karena faktor keturunan, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Diabetes sendiri terbagi menjadi tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 menyerang pankreas, sehingga penderita akan sangat bergantung pada suntikan insulin. Diabetes ini biasanya menyerang remaja dan anak-anak.

Sedangkan Diabetes tipe 2 berkaitan dengan pola hidup yang kurang sehat. Sehingga menyebabkan produksi insulin kurang dan tubuh resisten terhadap insulin.

ilustrasi cek gula darah (alodokter)
ilustrasi cek gula darah (alodokter)

Diabetes tipe 2 sering dijumpai karena sekitar 90 persen manusia di dunia mengidap diabetes tipe 2. Nah, percaya atau tidak, ternyata makan dengan tangan bisa kurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 lho!

Hal tersebut berkaitan bahwa dengan makan menggunakan tangan, maka kecepatan dalam mengunyah makanan menjadi lambat. Berbeda jika menggunakan sendok. Kita menjadi lebih mudah melahap serta bisa mengunyah makanan dengan cepat.

Dikarenakan jika kita mengunyah makanan dengan cepat, nantinya akan mengakibatkan ketidakseimbangan gula darah di tubuh.

Pernyataan ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh European Society of Endocrinology di tahun 2012. Di penelitian itu menyebutkan bahwa orang yang mengunyah makanan dengan terburu-buru memiliki risiko 2,5 kali lebih besar terkena diabetes tipe 2. Dibandingkan dengan mereka yang makan/mengunyah makanan dengan santai.

Meski demkian, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Lalu bukan berarti kamu bisa makan sembarangan. Tetap jaga asupan makanan kamu yaitu dengan membatasi asupan kolesterol.

Berita Terkait

Berita Terkini