Info

7 Cara Alami dan Efektif Singkirkan Rokok dari Hidupmu

Caranya dijamin super mudah.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Berhenti merokok. (shutterstock)
Berhenti merokok. (shutterstock)

Himedik.com - Menurut Departemen Kesehatan Nasional Pemerintah Inggris, rata-rata perokok membutuhkan lebih dari 5.000 batang rokok per tahun. Ini berarti bahwa mereka harus mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Namun saat ini hadir rokok elektrik yang 'katanya' membuat orang untuk berhenti merokok. Namun, rokok elektrik ini belum terbukti membantu perokok berhenti merokok untuk selamanya, tapi malah membuat mereka kecanduan vaping.

Oleh karena itu, perokok harus beralih ke pilihan dan solusi lain yang jauh lebih sehat, tetapi membutuhkan kemauan keras yang besar.

Kali ini HiMedik sudah merangkum 7 cara alami dan efektif menendang kebiasaan rokok dari hidupmu, dilansir dari brightside.

1. Tetapkan tanggal dan bersiap

Pilih metode yang menurutmu akan bekerja paling baik. Kamu bisa tiba-tiba berhenti merokok atau melakukan pengurangan rokok secara perlahan.

Kamu harus siap menghadapi ini. Buang semua rokok yang masih kamu simpan, beri tahu orang-orang bahwa kamu berhenti merokok dan putuskan metode mana yang akan kamu ikuti.

2. Perhatikan makananmu

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012, orang yang makan buah dan sayuran 4 kali atau lebih per hari, 3 kali lebih mungkin untuk mengurangi merokok daripada orang yang makan makanan ini kurang dari 2 kali per hari.

Efek dari kebiasaan itu berlangsung hingga 14 bulan. Studi ini juga menunjukkan makanan tertentu seperti susu, buah-buahan, dan sayuran semuanya membuat keinginan untuk merokok akan berkurang.

Ini berarti kamu harus menghindari makanan pemicu seperti makanan rendah kalori, alkohol dan kopi.

Ilustrasi sayuran. (shutterstock)
Makan lebih banyak sayur dan buah. (shutterstock)

3. Coba terapi perilaku secara individu atau kelompok

Sebuah penelitian menyimpulkan kebanyakan perokok tidak dapat berhenti merokok karena ketergantungan nikotin dan tekanan psikologis karena mereka memperlakukan rokok sebagai penghilang ketegangan.

Dukungan perilaku meningkatkan kemungkinan penghentian merokok jangka panjang sebesar 25%. Dukungan perilaku dapat berupa terapi dalam kelompok atau secara individual, baik melalui telepon, email, atau tatap muka.

4. Katakan tidak pada alkohol dan kopi selama beberapa bulan

Banyak orang merasa belum lengkap jika merokok tanpa disertai kopi atau alkohol. Di satu sisi, kafein dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan membuat kamu merasa gelisah.

Di sisi lain, alkohol melemaskan otot-otot otak dan dapat membuat kamu lupa semua alasan yang membuat kamu ingin berhenti merokok.

5. Jalan-jalan atau lakukan aktivitas lain ketika kamu merasa ingin merokok

The Center for Addiction dan Kesehatan Mental menekankan fakta orang yang merokok mengalami pengurangan energi dan keinginan untuk berolahraga karena fungsi paru-paru menurun.

Mengurangi kebiasaan merokok secara bertahap akan meningkatkan kebutuhan akan olahraga.

6. Selalu simpan permen karet atau camilan sehat di tas

Menurut American Dietetic Association, perokok memperoleh sekitar 4,5 kg setelah mereka berhenti merokok. Kamu bisa mengalihkan pikiranmu ke permen karet atau camilan sehat seperti buah atau kacang ketika kamu merasa ingin merokok.

Kamu juga bisa minum minuman bebas gula sebagai gantinya.

7. Hindari berada di dekat perokok

Organisasi Kanker Amerika menyarankan agar kamu menjauh dari orang-orang dan tempat-tempat yang berkaitan dengan merokok karena itu mungkin memicu untuk kambuh.

Lakukan hobimu dan ciptakan kebiasaan baru di lingkungan bebas rokok.

Mudah kan?

Berita Terkait

Berita Terkini