Info

Diet Keto Bikin Diare, Begini Cara Mengatasinya

Diet keto tinggi lemak bisa saja bikin kamu diare. Lihat cara mengatasinya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi diet keto. (shutterstock)
Ilustrasi diet keto. (shutterstock)

Himedik.com - Memang benar diet keto dapat membantu menurunkan berat badan yang signifikan. Inilah yang membuat banyak orang mengikuti tren diet ini demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Bicara soal diet keto, makanan yang terkandung dalam diet ini adalah makanan tinggi lemak, moderat-protein atau rendah karbohidrat. Namun, efek samping dari diet ini adalah diare.

Menurut pendiri Nyoutrition, Barbie Boules, RDN, beberapa orang tidak mencerna lemak dan tubuh mereka tidak menggunakannya. Padahal diet keto adalah diet dengan asupan lemak sebanyak 70 hingga 80 persen.

Lemak yang tak digunakan tubuh keluar melalui tinja dan tampak lebih cair dari biasanya. Tak hanya diare, diet keto juga bisa sebabkan sakit kepala, kesulitan fokus, mual dan kesulitan tidur.

Efek ini biasanya hilang dalam 2 minggu setelah tubuh terbiasa dengan diet keto. Namun jika masih terjadi, ada baiknya kamu pikirkan lagi untuk mengganti diet jenis ini.

Diet Keto. (womenshealthmag)
Diet Keto. (womenshealthmag)

Jika kamu berkomitmen untuk tetap menjalankan diet keto dan awalnya mengalami diare, usahakan agar tubuh tetap terhidrasi dan tingkatkan pula serat.

Ini bisa membantu tubuh menyesuaikan diri dengan ketosis dan membantu mengurangi diare. Kamu bisa tambahkan lebih banyak sayuran hijau dan brokoli.

Namun jika masih mengalami diare, sudah saatnya kamu melihat kembali makanan yang kamu makan, seperti kurangi pemanis buatan dan fokus pada lemak sehat seperti aplukat dan minyak zaitun daripada keju.

Diet yang paling baik adalah diet yang membuat kamu merasa nyaman dan pastinya yang tak membuat kamu lari ke kamar mandi setiap lima menit.

Berita Terkait

Berita Terkini