Info

Jangan Lakukan Empat Hal Ini Saat Mandi! Ini Dampaknya

Beberapa hal ini sepele tapi sering dilakukan setiap orang.

Agung Pratnyawan | Krishnayanti C

Ilustrasi mandi (hip2save)
Ilustrasi mandi (hip2save)

Himedik.com - Mandi merupakan hal wajib untuk dilakukan setiap orang. Membersihkan tubuh sangat penting untuk mencegah bakteri dan kotoran tinggal dalam kulit atau tubuh kita.

Jika dilihat, mandi sangat mudah dilakukan. Namun, ternyata mandi juga memiliki aturan. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mandi.

Aturan bagaimana sih? Kita lihat yuk.

1. Masih ada bekas busa

Ketika kamu selesai menggosok tubuh dengan sabun, bilaslah hingga bersih. Pastikan tidak ada busa yang tersisa.

Karena jika ada busa yang masih menempel pada tubuh akan menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Berendam air hangat

Berendam air hangat memang sangat nikmat apalagi di malam hari setelah beraktivitas seharian. Tapi jika dilakukan terlalu lama tidak baik bagi kesehatan.

Hal ini disebabkan suhu yang terlalu panas membuat pori-pori terbuka dan minyak alami pada kulit akan terkikis sehingga mengurangi kelembapan

3. Menggaruk kulit kepala

Hal ini pasti kamu lakukan saat keramas kan? Karena kita berpikir dengan menggaruk kulit kepala kotoran jadi mudah hilang.

Hal itu salah, ketika kamu sering menggaruk kulit kepala, maka akan berpotensi merobek kulit kepala. Jika sudah robek, cairan kimia dari shampoo akan masuk ke dalam sel kulit kepala.

4. Terlalu lama

Perlu kamu ketahui, di dalam kamar mandi terdapat banyak bakteri yang bersarang. Jika terlalu lama di dalam kamar mandi bakteri tersebut bisa membuat tubuh kamu tidak sehat.

Selain itu, suhu lembab di kamar mandi dapat membuat kamu terkena flu.

Nah, sudah tahu kan aturannya saat mandi?

Berita Terkait

Berita Terkini