Info

Hati-hati! Tiga Jenis Makanan Ini Bisa Ganggu Pencernaan

Hanya dengan melihat makanan, membuat perut lapar dan menyantapnya tanpa peduli nutrisinya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Makanan pedas. (shutterstock)
Makanan pedas. (shutterstock)

Himedik.com - Hanya dengan melihat makanan saja, terkadang membuat kita merasa lapar dan tergoda membelinya. Entah itu sehat atau tidak, yang penting perut kenyang dan hasrat makan terpuaskan. Padahal ada beberapa jenis makanan yang bisa ganggu pencernaan lho!

Ironisnya, makanan tersebut terkadang malah sangat menggiurkan dan rasanya tak terkalahkan. Apa saja sih? Simak nih penjelasan lengkapnya.

1. Makanan pedas

Siapa sih yang tidak suka makanan pedas? Hampir semua jenis masakan di Indonesia menggunakan cabai sebagai bumbunya. Rasanya seperti kurang pas jika makanan tidak terasa pedas.

Padahal terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas bisa membuat kamu diare hingga asam lambung naik lho. Ini karena kandungan vitamin C pada cabai yang tinggi. Sehingga kamu yang memiliki penyakit mag harus berhati-hati.

ilustrasi makanan pedas (nibble)
Makanan pedas. (nibble)

2. Makanan masam

Sama seperti makanan pedas, makanan masam juga identik dengan tingginya vitamin C. Nah, tentu saja kamu dengan riwayat penyakit mag bisa bahaya jika sering mengonsumsinya.

Lambungmu bisa mengalami iritasi sehingga kamu tidak akan merasa nyaman ketika makan. Bahkan bisa mual dan muntah karenanya. Tidak mau kan?

Jeruk/unsplash
Jeruk. (unsplash)

3. Makanan tinggi lemak

Siapa yang tidak suka junk food? Meskipun makanan ini sudah terkenal dengan bahaya lemak dan kolesterolnya, tetap saja tidak membuatnya ditinggalkan para penggemar.

burger (Veggie Jam)
Burger. (Veggie Jam)

Selain itu ada juga gorengan yang merupakan camilan semua orang. Padahal asal kamu tahu nih, lemak dalam makanan bisa merangsang kontraksi pada saluran pencernaan. Akibatnya pengosongan lambung akan berjalan lambat dan menyebabkan susah buang air besar (sembelit).

Wah, meskipun enak kamu tidak boleh terlena ya. Makan boleh, tapi jangan berlebihan.

Berita Terkait

Berita Terkini