Info

Cokelat Hitam Mampu Meningkatkan Daya Ingat? Ini Penjelasannya

Selain tingkatkan daya ingat, cokelat hitam mampu menjaga kekebalan tubuh.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi (es.vida-estilo.yahoo)
Ilustrasi (es.vida-estilo.yahoo)

Himedik.com - Cokelat merupakan camilan favorit setiap orang. Ada berbagai jenis cokelat, salah satunya cokelat hitam atau biasa disebut dark chocolate.

Rasa dari cokelat hitam memang pahit, namun cokelat hitam mampu meningkatkan daya ingat. Kok bisa?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cokelat hitam baik untuk kesehatan otak. Dengan mengonsumsi cokelat hitam secara teratur dapat meningkatkan daya ingat, kesehatan otak, meningkatkan mood, dan kekebalan tubuh.

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung zat flavanol yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Karena tingginya zat ini, dark chocolate mampu membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat.

Selain itu, mengonsumsi cokelat hitam yang tinggi flavonol dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak menjadi lebih lancar.

Ketika mengonsumsi dark chocolate, zat flavanol akan terakumulasi di dalam bagian otak yang disebut dengan hippocampus. Hippocampus adalah bagian otak yang berperan dalam pembelajaran dan penyimpanan serta pengolahan memori jangka panjang.

Ilustrasi (freeimages)
Ilustrasi (freeimages)

Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan orang dewasa berusia 50-69 tahun. Para peserta yang minum suplemen kakao dengan flavanol tinggi selama tiga bulan, punya hasil tes daya ingat yang lebih tinggi daripada orang yang minum suplemen kakao dengan flavanol rendah.

Meski begitu, mengonsumsi cokelat hitam tidak perlu berlebihan. 500-750 mg per hari adalah porsi yang baik dan pas.

 

Berita Terkait

Berita Terkini