Info

Cara Mudah Atasi Perut Kembung

Salah satu penyebab perut kembung adalah mengonsumsi makanan pedas dan berlemak.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi perut kembung. (iStock)
Ilustrasi perut kembung. (iStock)

Himedik.com - Perut kembung terjadi ketika saluran pencernaan terisi gas atau udara berlebih. Keadaan tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti nyeri. Tak jarang juga membuat perut terasa seperti membesar.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung. Di antaranya yaitu penyakit mag, kekurangan enzim, dan masuk angin.

Selain itu, aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan seperti merokok, mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, minum menggunakan sedotan, mengunyah permen karet, serta berbaring setelah makan, juga bisa menyebabkan perut kembung.

Nah, jika kamu sering mengalami perut kembung maka sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa menghasilkan gas berlebih seperti minuman bersoda, kacang-kacangan, dan kubis.

MInuman bersoda/unsplash
MInuman bersoda, bisa menyebabkan perut kembung. (Unsplash)

Hindari juga terlalu sering mengunyah permen karet, minum menggunakan sedotan, dan makan sambil berbicara. Serta jika kamu adalah seorang perokok, maka kamu harus berhenti merokok.

Tak hanya itu, kamu juga harus perhatikan cara dan porsi makan. Pasalnya, makan terlalu banyak dan mengunyah makanan terlalu cepat juga bisa jadi penyebab perut kembung.

Makanlah dengan porsi sewajarnya dan kunyah makanan hingga benar-benar hancur. Intinya, untuk atasi masalah perut kembung, kamu harus menghindari hal-hal yang menjadi penyebabnya.

Makanan pedas. (shutterstock)
Makanan pedas, bisa menyebabkan perut kembung. (shutterstock)

Pada dasarnya perut kembung bukanlah masalah serius dan akan membaik dengan sendirinya. Tetapi jika perut kembung disertai dengan gejala lain seperti nyeri perut yang tidak kunjung membaik, demam, muntah atau gangguan lain, maka segera periksakan ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini