Info

Tanpa Minum Obat, Kadar Asam Urat Bisa Turun dengan Cara Ini

Ikuti tips ini agar kadar asam urat bisa turun.

Galih Priatmojo | Yuliana Sere

Asam urat. (Hello Sehat)
Asam urat. (Hello Sehat)

Himedik.com - Asam urat merupakan penyakit yang diakibatkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Penyakit ini biasanya paling sering menyerang laki-laki.

Tapi tidak menutup kemungkinan perempuan juga bisa mengidap penyakit ini.

Untuk mengobati asam urat bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan meringankan gejalanya dan mencegahnya agar tidak kambuh.

Berikut beberapa obat alami penurun kadar asam urat yang telah dirangkum HiMedik.

1. Kurangi makanan yang mengandung purin

Makanan yang mengandung purin bisa meningkatkan kadar asam urat sehingga sebaiknya kamu hindari makanan-makanan berikut.

Makanan yang mengandung purin adalah makanan yang bersumber dari protein hewani, misalnya udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, jeroan, kambing dan ayam.

Beberapa sayuran yang mengandung purin misalnya asparagus, kembang kol, bayam, jamur dan kacang-kacangan.

Asam urat. (Le Point)
Asam urat. (Le Point)

2. Konsumsi vitamin C

Vitamin C bisa mengurangi kadar asam urat. Konsumsi 1000 mg vitamin C untuk meredakan rasa sakit kemudian 500 sampai 3000 mg setiap hari untuk mencegah dan menurunkan kadar asam urat.

3. Konsumsi banyak air putih

Minum banyak air putih bertujuan untuk menghambat penumpukan asam urat berlebih dalam tubuh. Konsumsi minimal 8 sampai 10 gelas per hari untuk mengencerkan urin. Kristal asam urat tidak akan terbentuk jika urin encer.

4. Konsumsi buah ceri

Menurut Liliana Stadler Mitrea, penulis Pathology and Nutrition, buah ceri bisa mengurangi kadar asam urat. Riset ini sudah diterbitkan dalam Journal of Nutrition.

5. Hindari makanan yang manis

Makanan yang mengandung segala jenis pemanis buatan misalnya sukrosa harus kamu hindari, misalnya berbagai jus dengan kandungan pemanis tinggi.

Jika ingin kadar asam uratmu turun, segera batasi bahkan hindari makanan-makanan di atas ya meskipun pasti ada favoritmu.

Berita Terkait

Berita Terkini