Info

Belerang Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit loh

Namun, pemakaian belerang dan produk yang mengandung belerang tidak boleh sembarangan.

Angga Roni Priambodo | Krishnayanti C

Ilustrasi (today)
Ilustrasi (today)

Himedik.com - Pernahkah kamu mengunjungi pemandian air panas Ciater di Jawa Barat? Ya, tempat wisata ini memang terkenal dengan pemandian air panasnya yang mengandung belerang.

Banyak orang berkunjung kesana dan berendam sebagai terapi untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Namun, manfaat belerang tidak hanya melalui pemandian air panas saja, tapi juga digunakan sebagai produk kecantikan dan obat-obatan penyakit kulit seperti berikut ini.

1. Mengangkat sel kulit mati

Belerang digunakan sebagai bahan untuk eksfoliasi. Eksfoliasi adalah teknik yang membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Selain itu, belerang digunakan dalam banyak masker wajah dan dapat digunakan untuk membantu mengontrol dermatitis.

2. Mencegah jerawat dan menjaga kebersihan pori-pori

Ilustrasi (jansatta)
Ilustrasi (jansatta)

Kandungan sulfur dalam obat jerawat mampu membunuh bakteri yang menyumbat dan mengiritasi pori-pori kulit serta mengurangi penumpukan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori.

3. Mencegah penuaan kulit

Belerang dapat membunuh bakteri yang merusak kulit sekaligus merangsang produksi kolagen untuk menjaga kekenyalan kulit dan mengurangi kulit kering, kendur, juga berkerut.

4. Mengatasi ketombe

Ilustrasi (oxfordvitality)
Ilustrasi (oxfordvitality)

Sulfur membantu kulit kepala yang berkerak supaya lebih cepat terkelupas serta meningkatkan tekstur, kekenyalan, dan kemilau rambut.

5. Sebagai obat untuk eksim dan rosacea

Eksim dan rosacea adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan, gatal, dan juga iritasi. Belerang yang bersifat anti radang sering kali diresepkan sebagai ganti dari antibiotik penyakit rosacea.

Sebelum kamu gunakan produk yang mengandung belerang, konsultasikan dahulu ke dokter, karena pemakaian belerang tidak boleh sembarangan.

Berita Terkait

Berita Terkini