Info

Bisakah Sari Cuka Apel Membantu Meringankan Radang Sendi?

Ini faktanya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Sari cuka apel. (unsplash)
Sari cuka apel. (unsplash)

Himedik.com - Arthritis dikenal juga dengan radang sendi. Ini merupakan kondisi peradangan yang menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan di persendian yang dapat membatasi mobilitas bahkan merusak sendi.

Obat-obatan arthritis biasanya efektif, meskipun beberapa orang juga mencari perawatan alternatif untuk meringankan gejala termasuk menggunakan sari cuka apel.

Banyak orang percaya bahwa sari cuka apel memiliki sifat anti inflamasi dan meredakan gejala radang sendi.

Sari cuka apel adalah obat rumah tradisional yang digunakan sebagian orang untuk mengobati berbagai kondisi dari mual hingga kondisi kulit.

Tapi apakah itu berfungsi untuk arthritis dan apakah aman?

Dilansir dari medicalnewstoday, sari cuka apel dapat membantu mengobati gejala arthritis.

Beberapa orang menemukan bahwa minum sedikit sari cuka apel (dicampur dengan air) dapat meringankan gejala radang sendi mereka .

Namun, tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa itu berhasil. Yayasan Arthritis telah memasukkan sari apel pada daftar mitos makanan untuk mengobati radang sendi.

Terlepas dari kurangnya bukti ilmiah, sari cuka apel mungkin berfungsi untuk meredakan gejala radang sendi.

Peradangan pada sendi adalah penyebab utama nyeri, bengkak dan kadang-kadang kerusakan sendi permanen pada rheumatoid arthritis (RA).

Banyak orang menggunakan obat anti-inflamasi standar seperti anti-peradangan non-steroid (NSAID) untuk mengontrol peradangan.

Cuka apel/Healthline
Cuka apel. (Healthline)

Di sisi lain, sari cuka apel mengandung pektin yang dipercaya bisa meredakan gejala radang sendi. Namun, menurut Arthritis Foundation, tidak ada penelitian yang menunjukkan apakah pektin dapat membantu mengatasi nyeri artritis.

Orang-orang dengan radang sendi dapat mengecilkan gejala dengan menjaga berat badan yang sehat karena ini bisa mengurangi tekanan pada sendi.

Beberapa penelitian menunjukkan sari cuka apel dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Bagi mereka yang mengonsumsi sari cuka apel, efek sampingnya bisa meliputi:

1. Masalah pencernaan
2. Erosi enamel gigi
3. Masalah kulit
4. Iritasi tenggorokan

Seiring dengan perubahan gaya hidup, orang dapat mencoba pengobatan rumah alternatif. Salah satu pengobatan rumahan untuk arthritis adalah ceri.

Ceri mengandung berbagai antioksidan yang dapat berguna untuk mengendalikan peradangan pada arthritis.

Dalam penelitian skala kecil pada 2012, para peneliti menemukan wanita yang meminum jus buah ceri secara signifikan telah mengurangi tingkat indikasi peradangan.

Berita Terkait

Berita Terkini