Info

Badan Terlalu Kurus? Jangan Khawatir, Ini Tipsnya

Makan porsi besar dalam sekali makan bukan solusi untuk membuat badan menjadi gemuk.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi badan kurus (obesitaandreaformiga)
Ilustrasi badan kurus (obesitaandreaformiga)

Himedik.com - Memiliki tubuh kurus namun sehat memang tidak masalah, tapi jika tubuh kurus yang kamu alami karena kekurangan gizi, atau masalah kesehatan lainnya bisa jadi sumber kekhawatiran tersendiri.

Disaat orang berjuang untuk kurus, kamu yang memiliki tubuh kurus justru berusaha menggemukkan badan. Minum susu, makan banyak, hingga memakai obat penggemuk badan, semua sudah dilakukan tapi tetap tidak ada hasil.

Jangan khawatir, HiMedik punya beberapa solusi untuk menggemukkan badan.

1. Makan porsi kecil tapi sering

Seringkali beberapa orang menganggap bahwa sekali makan namun banyak dapat membuat gemuk. Padahal asumsi itu salah, makan sekaligus banyak dalam sekali justru menyulitkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan dan membuat tidak ingin makan lagi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Jika kamu ingin gemuk, cobalah cara dengan makan porsi kecil tapi sering. Makan porsi kecil membuat perut cepat lapar, sehingga dalam waktu 2-3 jam kamu pasti makan lagi.

Dengan begitu, kamu akan makan hampir 5 kali dalam sehari dan membuat tubuh gemuk.

2. Variasikan isi piring makan

Penuhi porsi makanmu dengan karbohidrat, protein, dan sayuran. Misalnya kamu bisa makan roti lapis dengan isian telur dan keju ditemani dengan segelas susu dari pada hanya ngemil biskuit atau susu saja.

3. Pilih makanan tinggi kalori

Pilihlah sumber lemak nabati dari kacang, biji-bijian, keju, alpukat, jagung, oatmeal, kentang, dan sup krim. Jika ingin lebih bervariasi, tambahkan daging atau ikan berlemak seperti tuna dan salmon.

Jika biasanya kamu ngemil donat dan keripik kemasan, cobalah ganti dengan ngemil yogurt, karena yogurt mengandung lebih banyak protein dibandingkan dengan susu.

4. Makan sebelum tidur

Makan sebelum tidur akan menjamin pasokan energi tubuh tetap tersedia. Makanlah makanan yang sehat, seperti salad dengan potongan dada ayam dan parutan keju.

5. Rutin olahraga

Olahraga juga dapat membantu menggemukkan badan dengan menguatkan dan membangun otot-otot dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga merangsang nafsu makan.

Jadi gimana? Ingin badanmu yang kurus menjadi lebih gemuk dan berisi? Ikuti tips-tips di atas ya.

Berita Terkait

Berita Terkini