Info

Berikut Karbohidrat yang Harus dan Tak Harus Dikonsumsi Saat Diet

Lebih baik mengikuti diet yang mencakup karbohidrat tidak hanya dalam jumlah sedang tetapi juga dari sumber yang tepat.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yuliana Sere

Karbohidrat. (pixabay)
Karbohidrat. (pixabay)

Himedik.com - Karbohidrat menjadi salah satu unsur utama dalam pembentukan energi. Saat ini sudah banyak modifikasi karbohidrat yang bisa kamu konsumsi untuk menambah energi tubuh.

Studi terbaru menunjukkan diet rendah karbohidrat mungkin bukan jalan yang tepat. Lebih baik mengikuti diet yang mencakup karbohidrat tidak hanya dalam jumlah sedang tetapi juga dari sumber yang tepat.

Dilansir dari Medical Daily, berikut beberapa sumber karbohidrat yang harus dan tak harus dikonsumsi dalam dietmu.

1. Kentang

Kentang menjadi salah satu asupan yang harus kamu masukkan dalam dietmu, asalkan disiapkan dengan cara yang benar.

Ahli diet mengatakan metode terbaik adalah memanggang dan memakannya bersama kulit. Sebagian besar kandungan serat berasal dari kulit, sedangkan vitamin C, kalium, dan bahkan protein terkandung dalam daging kentang.

2. Biji-bijian

Hindari biji-bijian seperti padi, varietas halus (nasi putih atau pasta putih) yang mengalami banyak modifikasi ketika diproses.

Pasalnya, jenis makanan ini telah kehilangan kandungan serat yang berasal dari dedaknya. ''Ini membuat karbohidrat cepat dicerna yang akan meningkatkan gula darahmu,'' kata ahli diet di Toronto, Abby Langer.

Kacang-kacangan/unsplash
Kacang-kacangan. (unsplash)

3. Kacang

Menurut ahli diet, Sharon Palmer, kacang adalah sumber karbohidrat sehat dan lambat yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam diet.

Entah itu kacang polong, lentil, atau kacang-kacangan, makanan ini mengandung serat, vitamin, mineral, dan fitokimia. Selain itu juga mengandung protein.

4. Jus buah

Hindari jus buah. ''Jus buah memang memberi antioksidan, vitamin, dan mineral. Tapi itu juga tinggi gula, tinggi karbohidrat, dan kandungan seratnya sangat rendah,'' kata ahli diet yang berbasis di Chicago, Maggie Michalczyk.

Patuhi aturan minum jus buah. (megalife.com.hk)
Patuhi aturan minum jus buah. (megalife.com.hk)

5. Butternut Squash

Squash dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan seperti pencernaan yang lebih baik, kulit dan rambut yang sehat, tekanan darah teratur.

Sementara karotenoid memiliki efek perlindungan dengan melawan penyakit, kadar vitamin E yang tinggi dapat meningkatkan kulit yang lebih sehat.

Satu cangkir butternut squash cubed menyediakan sekitar 22 gram karbohidrat. Dengan jumlah yang sama dapat, itu dapat memberikan 582 mg potasium, yang bahkan lebih tinggi dari kandungan pisang.

6. Bar protein

Bar protein sangat cocok untuk atlet yang membutuhkan camilan pasca olahraga. ''Semakin sedikit bahan, maka bar protein akan semakin baik,'' kata Jill Merkel, ahli diet yang fokus pada kinerja olahraga.

Berita Terkait

Berita Terkini