Info

Hindari Makanan Ini Jika Tak Mau Alami Bau Badan

Nggak mau kan dijauhi teman hanya karena bau badan?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Bau badan. (pixabay)
Bau badan. (pixabay)

Himedik.com - Bau badan ternyata tidak hanya karena lupa menggunakan deodorant. Bau badan juga diakibatkan karena mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Masalah bau badan jangan dianggap sepele. Pasalnya, ini juga bisa menggambarkan seperti apa kepribadianmu.

Kali ini HiMedik berhasil merangkum sejumlah makanan penyebab bau badan yang dilansir dari livestrong.

1. Sayuran Cruciferous

Sayuran jenis ini meliputi brokoli, kubis, kembang kol, kale, lobak dan taoge. ''Bau belerang yang dihasilkan dapat memicu munculnya bau badan,'' kata ahli gizi, Shona Wilkinson.

Sayuran ini juga mengandung serat yang tidak rusak di usus serta sebagai sumber makanan untuk bakteri baik. Hasilnya berupa produksi gas bau dari fermentasi bakteri.

Brokoli. (iStock)
Brokoli. (iStock)

2. Daging merah

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Chemical Senses menentukan pria dengan pola makan tanpa daging memiliki bau lebih baik daripada mereka yang mengonsumsi daging merah.

Alasan karena daging merah lebih sulit dicerna. Residu yang tertinggal di dalam pembusukan saluran pencernaan akhirnya menghasilkan bau busuk dan racun yang dilepaskan melalui keringat.

3. Fenugreek

Fenugreek telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan gula darah dan lipid. Namun sayang, makanan ini juga bisa menghasilkan bau badan.

''Sotolon, satu komponen yang terkandung dalam makanan ini bisa menciptakan bau pada urin dan keringat,'' jelas Wilkinson.

Ikan (pexels)
Ikan. (pexels)

4. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung. Beberapa orang sangat sensitif terhadap makanan laut, susu sapi, telur, kcang, cokelat sehingga bisa berdampak pada bau badan.

5. Kopi

Kopi tidak hanya membuat napas bau tapi juga pada ketiak. Penelitian telah menunjukkan kafein dalam kopi mengaktifkan kelenjar keringat yang menyebabkan keringat berlebih.

Kamu bisa beralih ke kopi tanpa kafein atau teh yang kurang berkafein.

Hindari makanan-makanan di atas jika tidak mau mengalami masalah bau badan.

Berita Terkait

Berita Terkini