Info

Waspadai Tiga Gejala Serangan Jantung Berikut

Serangan jantung merupakan penyakit mematikan nomor satu di dunia. Antisipasi penyakitnya dengan kenali gejalanya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung. (shutterstock)

Himedik.com - Tak hanya menyerang lansia, penyakit jantung juga bisa menyerang usia muda. Faktor pemicunya bisa dari mana saja. Mulai dari pola makan yang asal-asalan, hingga gaya hidup yang tak beraturan.

Merokok, konsumsi alkohol, begadang, konsumsi makanan tinggi lemak, serta tidak pernah olahraga bisa jadi gerbang bagimu menuju penyakit jantung.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya kamu melakukan antisipasi dengan mengenali gejala serangan jantung seperti di bawah ini.

1. Sesak napas

Serangan jantung artinya jantung gagal memompa darah sehingga terjadi penumpukan darah di paru-paru. Hal tersebut mengakibatkan penderita mengalami sesak napas.

Masalahnya, terkadang gejala ini disalahartikan sebagai gejala penyakit lambung. Maka dari itu hindari diagnosis penyakit jika bukan pada pakarnya.

2. Nyeri dada sebelah kiri

Lokasi jantung berada di rongga antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri tapi sedikit lebih condong di sebelah kiri. Hal ini karena ukuran paru-paru kiri yang lebih kecil daripada paru-paru kanan.

Ilustrasi dada nyeri. (pixabay)
Ilustrasi dada nyeri. (pixabay)

Nah, ketika jantung sakit umumnya kamu akan merasakan nyeri di bagian dada sebelah kiri. Rasanya seperti ditindih beban berat atau diremas.

Rasa nyeri tersebut akan bertahan selama beberapa menit dan bisa merembet ke bagian leher, punggungm rahang bawah, hingga ulu hati.

3. Keringat dingin

Jika kamu sering berkeringat dingin padahal sedang tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga atau cemas, dan hal ini diserta dengan berbagai tanda lain di atas, ada kemungkinan itu berkaitan dengan gejala serangan jantung.

Itulah tiga gejala serangan jantung yang wajib kamu perhatikan. Jika kamu mengalami tanda di atas, segera lakukan pemeriksaan sebelum terlambat!

Berita Terkait

Berita Terkini