Info

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Jika Tak Mau Kena Stroke

Ngantuk setelah makan sebenarnya wajar, tapi bisa mengancam kesehatan.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi tidur setelah makan. (unsplash)
Ilustrasi tidur setelah makan. (unsplash)

Himedik.com - Banyak orang merasa ngantuk setelah makan. Kondisi ini sebenarnya wajar saja terjadi karena makanan yang masuk akan dicerna dan hal itulah yang menjadi salah satu pemicu rasa kantuk.

Maka dari itu jangan sampai kamu langsung tidur setelah makan. Beberapa bahaya akan mengintai jika kamu melakukannya. Salah satunya yaitu stroke.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Ioannina Medical School di Yunani, menghasilkan data bahwa langsung tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke.

Penelitian tersebut melibatkan sebanyak 500 orang, yang mana 250 orang dengan diagnosis sindrom koroner akut dan 250 lainnya memiliki riwayat penyakit stroke.

Hasilnya, mereka yang memiliki jarak makan dan tidur sebesar 70 menit hingga 2 jam, risiko terkena stroke menurun hingga 76%. Sedangkan mereka yang memberikan jeda 1 jam, hanya menurunkan risiko stroke sekitar 66%.

Ilustrasi ngantuk setelah makan. (unsplash)
Ilustrasi ngantuk setelah makan. (unsplash)

Tidak diketahui dan dijelaskan apa kaitan di antara keduanya. Namun ada teori yang mengatakan bahwa makan mendekati waktu tidur akan meningkatkan risiko asam lambung naik ke tenggorokan dan menyebabkan sleep apnea yang berkaitan dengan penyakit stroke.

Sementara itu teori lain mengatakan bahwa setelah makan akan terjadi perubahan kadar gula darah, tekanan darah, hingga kadar kolesterol, sehingga memungkinkan risiko stroke meningkat.

Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai teori yang diungkapkan, hubungan antara langsung tidur setelah makan dengan penyakit stroke adalah hal nyata.

Maka dari itu, berikan jeda paling tidak selama 2 jam setelah makan sebelum tidur. Jika tidak sanggup, sebaiknya jangan makan kalau sudah merasa ngantuk.

Berita Terkait

Berita Terkini