Info

Dua Jenis Vitamin yang Bantu Pangkas Lemak Berlebih di Tubuh

Menurut sebuah penelitian, orang dengan berat badan berlebih rata-rata memiliki kadar vitamin C yang rendah.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Jeruk sumber vitamin C. (pixabay)
Jeruk sumber vitamin C. (pixabay)

Himedik.com - Banyak hal yang dilakukan para pelaku diet untuk memangkas lemak berlebih di tubuhnya. Mulai dari olahraga, konsumsi makanan tinggi serat, hingga minum suplemen penurun berat badan.

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata ada jenis vitamin yang bisa bantu pangkas lemak di tubuh? Nih, informasi selengkapnya.

1. Vitamin C

Sebuah penelitian pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, menemukan fakta bahwa kadar vitamin C dalam darah berbanding terbalik dengan lingkar pinggang, indeks massa tubuh, dan persentase lemak seseorang.

Artinya, orang yang berat badannya berlebih rata-rata memiliki kadar vitamin C yang rendah.

Hal ini karena kadar vitamin C yang cukup akan membakar lemak hingga 30% lebih banyak selama aktivitas fisik sedang. Dengan kata lain, kekurangan vitamin C atau kadar vitamin C yang rendah akan menghambat penurunan berat badan.

2. Vitamin D

Susu sumber vitamin D. (pixabay)
Susu sumber vitamin D. (pixabay)


Vitamin D dalam tubuh dapat mengubah cara sel-sel lemak terbentuk, sehingga penyimpanan lemak menjadi mudah. Selain itu, vitamin D juga berperan dalam mengatur pematangan sel lemak.

Sejalan dengan itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 menemukan bahwa individu yang mengalami obesitas, kadar vitamin D dalam tubuhnya cenderung rendah. Hal tersebut lantas menghasilkan teori bahwa terdapat kaitan antara konsumsi vitamin D dengan obesitas.

Hal ini diperkuat dengan adanya studi yang memperkirakan hampir 50% individu di dunia mengalami kekurangan vitamin D. Kekurangan vitamin D dapat diketahui dari kelenjar hipotalamus (bagian terkecil dari otak) yang meningkatkan hormon rasa lapar dan mendorong pembentukan jaringan lemak lebih banyak.

Itulah dua jenis vitamin yang bantu usir lemak di tubuh. Tapi ingat, imbangi dengan olahraga supaya hasilnya maksimal.

Berita Terkait

Berita Terkini