Info

Menarik, Beginilah Siklus Pencernaan Manusia Setiap Harinya

Proses pencernaan pada tubuh manusia tebagi dalam tiga siklus yaitu penyerapan, pencernaan, dan pembuangan.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi anatomi sistem pencernaan manusia. (pixabay)
Ilustrasi anatomi sistem pencernaan manusia. (pixabay)

Himedik.com - Walaupun secara sadar kita tahu apa yang kita lakukan, tapi dalam menjalankan sistemnya tubuh manusia akan bekerja sesuai siklusnya. Begitu pula dengan sistem pencernaan, ia akan bekerja sesuai siklus secara alamiah.

Berdasarkan sebuah penelitian mengenai siklus fisiologi, proses pencernaan pada tubuh manusia tebagi dalam tiga siklus. Siklus tersebut didasarkan pada tiga fungsi tubuh yaitu penyerapan, pencernaan, dan pembuangan.

Meski pada dasarnya ketiga fungsi tersebut bekerja secara bersamaan, namun masing-masing fungsinya akan bekerja secara intensif selama 8 jam pada waktu berikut.

Proses pencernaan

Terjadi pukul 12.00 hingga 20.00. Sehingga merupakan waktu yang tepat untuk mengisi lambung.

Ilustrasi makan. (pixabay)
Ilustrasi makan. (pixabay)

Proses penyerapan

Terjadi pukul 20.00 hingga 04.00. Zat-zat makanan yang sudah dicerna sebelumnya akan diedarkan nutrisinya ke seluruh bagian tubuh. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa sebaiknya menghindari makan larut malam.

Makanan yang masuk perlu dicerna terlebih dahulu sebelum diserap, dan hal tersebut dapat mengacaukan siklus yang seharusnya berjalan.

Proses pembuangan

Terjadi pukul 04.00 hingga 12.00. Tidak heran jika sebagian besar orang akan buang air besar di jam-jam tersebut, karena pada tahap ini sisa makanan yang sudah dicerna dan tidak diserap tubuh akan dikeluarkan.

Hal ini juga akan membuat tubuh kehilangan nafsu makan. Tapi usahakan tetap mengisi perut dengan makanan yang mudah dicerna. Hindari makanan berat seperti nasi atau daging karena makanan yang sulit dicerna dalam waktu dekat dapat mengganggu proses pembuangan.

Nah, jika siklus tubuhmu terbalik seperti sering makan larut malam hal tersebut tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuhmu. Jadi, perbaiki jam makanmu supaya siklus pencernaan bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

Berita Terkait

Berita Terkini