Info

Kebiasaan Minum Air Hangat Pada Pagi Hari yang Sering Diabaikan

Perbiasakan minum air hangat sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Minum air putih (drweil)
Minum air putih (drweil)

Himedik.com - Minum air hangat di pagi hari masih belum menjadi kebiasaan sebagian besar orang. Padahal kebiasaan ini bisa membawa manfaat bagi tubuh.

Sebenarnya kebiasaan minum air hangat di pagi hari harus mulai diperbiasakan. Pasalnya, menurut lembaga penelitian Food and Nutrition Sciences ada beberapa manfaat mengonsumsi air hangat di pagi hari.

Dilansir dari lifehack.org, berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika terbiasa minum air hangat di pagi hari.

1. Menurunkan berat badan

Minum air hangat di pagi hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara meningkatkan suhu tubuh. Efek penurunan berat badan akan lebih cepat jika kamu mencampurkan beberapa tetes air lemon.

Fungsi air lemon adalah memecah jaringan lemak dalam tubuh karena sifatnya yang asam. Selain itu, air lemon juga mengandung pektin, serat alami yang bisa mengontrol nafsu makan.

2. Mencegah penuaan dini

Segelas air hangat dapat mengembalikan elastisitas kulit. Air hangat mampu membersihkan racun tubuh sehingga kulit mampu mendapatkan elastisitasnya kembali.

3. Meredakan nyeri

Kamu yang sering merasakan nyeri otot sebaiknya perbiasakan minum air hangat di pagi hari. Ini membuat otot di perut tidak tegang yang berefek pada rasa nyeri yang semakin mereda.

Nyeri setelah olahraga juga bisa kamu sembuhkan menggunakan air hangat dengan cara dikompres pada bagian yang sakit.

4. Meredakan sembelit

Ilustrasi sembelit. (shutterstock)
Ilustrasi sembelit. (shutterstock)

Sembelit menjadi masalah yang hampir dialami sebagian orang. Minum 1 gelas air hangat sebelum sarapan dapat melancarkan pergerakan usus sehingga makanan dapat dicerna dengan maksimal.

5. Melancarkan peredaran darah

Air hangat dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Konsumsi air hangat di pagi hari juga bisa membuang racun dari tubuh yang. Selain itu juga membuat otot menjadi lebih rileks.

Perbiasakan konsumsi air hangat di pagi hari untuk mendapatkan beberapa manfaat di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini