Info

Sering Bicara Kepada Diri Sendiri Ternyata Ada Manfaatnya

Bicara sendiri ternyata ada manfaatnya kok.

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Manfaat bicara sendiri. (pixabay)
Manfaat bicara sendiri. (pixabay)

Himedik.com - Kamu mungkin pernah mendengar teman kantor bicara kepada dirinya sendiri ketika sedang fokus bekerja, atau di sisi lain mungkin kamu sendiri yang sering mengalami ini.

Bicara kepada diri sendiri jangan dianggap sebagai sebuah gangguan. Justru tindakan ini bermanfaat bagi ingatan dan fungsi kognitif serta kesehatan mental dan fisik seseorang.

Berikut beberapa manfaat sering bicara kepada diri sendiri, dilansir dari lifehack.

1. Otak bekerja lebih efisien

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Triwulanan Psikologi Eksperimental menunjukkan orang yang mengulang nama barang yang mereka cari dapat menemukannya jauh lebih cepat daripada mereka yang hanya diam.

Misalnya, saat kamu berbelanja di supermarket dan bergumam, ''sabun, sabun, sabun'' maka kamu akan lebih cepat mendapatkan barang yang kamu cari.

Hipotesisnya adalah mengulang kata-kata dengan keras memicu ingatan memori dari sebuah objek.

2. Pikiran lebih tearah

Berbicara melalui pikiran membantu memprioritaskan hal-hal yang besar. Ini juga membantumu menyadari bahwa hal-hal kecil itu tidak terlalu signifikan.

Manfaat bicara sendiri. (pixabay)
Manfaat bicara sendiri. (pixabay)

3. Mencapai tujuan

Ini tidak jauh berbeda dengan manfaat nomor 1 di atas. Ketika kamu membuat daftar belanja, otomatis otak akan mengarahkan kamu untuk mendapatkan barang yang telah kamu catat.

Ini memungkinkan kamu untuk memvisualisasikan diri menyelesaikan tugas yang telah kamu tulis. Psikolog Linda Sapadin melaporkan bahwa mengatakan tujuan dengan keras berarti memusatkan perhatian, memperkuat pesan, menghindari gangguan dan mengendalikan emosi.

4. Menghilangkan stres

Berbicara dengan diri sendiri memungkinkan kamu mengatur pikiran, memprioritaskan kewajiban sehingga bisa menyelesaikan sesegera mungkin.

Selain itu, bicara dengan diri sendiri juga membantu kamu mempersiapkan diri menghadapi saat sulit dalam hidup seperti percakapan dengan orang yang dicintai, rekan kerja, atau bos.

Ini juga bisa melatih apa yang akan kamu katakan, memungkinkan kamu menghadapi situasi sulit dengan keberanian dan kepercayaan diri.

5. Menumbuhkan kemandirian

Seseorang yang bicara kepada diri sendiri lebih mampu memecahkan masalah. Selain itu mereka mampu menganalisis situasi tanpa meminta bantuan orang lain.

Berbicara kepada diri sendiri juga berarti kita dapat mendengarkan suara batin kita dan menemukan apa yang sebenarnya kita butuhkan.

Berita Terkait

Berita Terkini