Info

Genre Musik Ternyata Berdampak pada Suasana Hati

Menurut sebuah penelitian, musik dapat memengaruhi suasana orang-orang yang mendengarkannya.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi mendengarkan musik. (pixabay)
Ilustrasi mendengarkan musik. (pixabay)

Himedik.com - Bagi beberapa orang, musik merupakan bagian dari hidupnya. Baginya, tiada hari tanpa musik dan tak bisa hidup tanpa musik. Entah mengapa, tapi menurut mereka, musik bisa mengungkapkan isi hati.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata musik bisa memengaruhi suasana hati seseorang?

Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Missouri yang menemukan fakta bahwa ternyata musik dapat memengaruhi suasana orang-orang yang mendengarkannya.

Penelitian tersebut diperkuat oleh adanya paparan dari para peneliti McGill University di Montreal, Amerika Serikat, yang mengatakan bahwa mendengarkan musik membuat suasana hati seseorang terpengaruh karena dapat membuat tubuh menghasilkan hormon dopamin.

Meningkatnya kadar dopamin di dalam otak karena adanya musik membuktikan bahwa manusia bisa mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik.

ilustrasi mendengarkan music (YouTube)
Ilustrasi mendengarkan musik. (YouTube)

Nah, berikut telah dirangkum beberapa jenis musik yang mungkin bisa memperbaiki suasana hati kamu.

1. Rock & punk
Jenis musiknya yang enerjik tentunya bisa membuat mood meningkat. Terlebih jika kamu penikmat musik rock, perasaan sedih nampaknya bisa segera dilupakan ketika musik mengalun di telinga.

2. EDM
EDM atau electro dance music menampilkan musik yang bersemangat dan membuat pendengarnya ingin bergoyang. Irama dan tempo yang cepat terdengar asik di telinga serta akan membuat perasaan menjadi lebih baik.

3. Musik klasik
Tak hanya bisa meningkatkan mood, musik klasik juga sangat menenangkan pikiran. Ketika mendengarkan kamu akan merasa lebih rileks dan mungkin itulah mengapa ada orang yang ketiduran ketika mendengarkan musik klasik.

4. Lagu cinta
Suasana hatimu lagi buruk gara-gara berantem sama pacar? Jangan tambah dengan mendengarkan lagu cinta kalau tidak mau harimu hancur berantakan. Lebih baik, kamu mendengarkan lagu ini ketika perasaan sedang bahagia supaya mood semakin baik.

Nah, kalau kamu lebih suka musik apa nih buat memperbaiki suasana hati?

Berita Terkait

Berita Terkini