Info

Peringati Hari Kesehatan Jiwa, WHO Soroti Mental Remaja

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. (Suara)
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. (Suara)

Himedik.com - Tanggal 10 Oktober merupakan Hari Kesehatan Jiwa yang tiap tahunnya diperingati oleh semua orang di penjuru dunia. Di hari tersebut, WHO menyoroti mental remaja yang sering kali terabaikan.

Dilansir dari laman Suara yang dikutip dari situs resminya, WHO menyebut kesehatan mental para anak muda dan remaja sering dianggap remeh dan diabaikan. Padahal masalah kejiwaan bisa muncul sejak mereka masih berusia 14 tahun.

Banyak hal yang bisa memicu para remaja mengalami gangguan jiwa, di antaranya adalah stres akibat tuntutan dari lingkungan dan sosial, penggunaan media sosial yang tak benar, hingga yang paling utama adalah karena pengaruh alkohol dan narkoba.

Itulah yang menjadi alasan mengapa WHO mengambil tema kesehatan remaja dan anak muda dalam memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di tahun ini. Harapannya, supaya akan ada lebih banyak lagi kampanye perihal kesehatan jiwa yang sasarannya para remaja dan anak muda.

"Tantangan dan masalah bisa muncul dari mana saja, baik itu rumah, sekolah, maupun lingkungan pertemanan. Dukungan psikososial yang diberikan orang terdekat bisa membantu mencegah dan mengenali adanya gangguan jiwa pada remaja dan anak muda," tulis WHO, dilansir dari laman Suara.

Organisasi Kesehatan Dunia ini juga meminta kepada setiap pemerintah di berbagai negara untuk ikut terlibat dalam urusan sosial, kesehatan, serta edukasi kesehatan para remaja. Pasalnya, mereka yang masih muda merupakan penerus bangsa di masa depan. Jika tidak diperhatikan mau jadi apa negara di tahun-tahun mendatang?

Berita Terkait

Berita Terkini