Info

Muncul Bintik Putih di Kuku? Ini Penjelasannya

Apa benar ada seseorang yang sedang menyukaimu?

Angga Roni Priambodo | Yuliana Sere

Bintik putih di kuku. (unsplash)
Bintik putih di kuku. (unsplash)

Himedik.com - Kamu mungkin pernah melihat atau mengalami bintik putih di kuku. Mitos yang beredar, bintik ini datang ketika seseorang sedang menyukaimu. Kamu pun kemudian memikirkan siapa yang selama ini sedang dekat denganmu.

Percayalah, itu hanya sebuah mitos. Bintik putih yang muncul kuku jari tanganmu tidak ada kaitannya dengan seseorang yang naksir denganmu.

Bintik putih ini justru punya penjelasan secara ilmiah. Menurut istilah medis, bintik putih ini dikenal sebagai Leukonychia punctata.

Menurut NHS, layanan kesehatan nasional Inggris, kondisi ini bisa menjadi indikator seseorang mengalami gagal ginjal, penyakit jantung atau sirosis hati.

Namun, beberapa sumber juga mengatakan ini tidak ada kaitannya dengan penyakit. Pasalnya, bintik putih ini akan hilang seiring bertumbuhnya kuku jari tangan.

Bintik putih ini juga tidak ada kaitannya dengan kekurangan kalsium atau vitamin.

Bintik putih di kuku
Bintik putih di kuku

Sementara itu, bintik putih ini juga bisa muncul akibat terjepit pintu atau terlalu keras menggigit kuku.

Reaksi alergi terhadap cat kuku juga bisa memicu munculnya bintik putih tersebut.

Leukonychia punctata juga paling sering ditemukan pada kuku jari tangan dibandingkan kaki. Ini dikaitkan dengan jari tangan yang lebih aktif bergerak dibandingkan dengan jari kaki.

Bintik ini tidak membutuhkan perawatan khusus untuk mengobatinya. Kamu tidak perlu khawatir jika bintik ini muncul pada kuku jarimu.

Berita Terkait

Berita Terkini