Info

Selain Merokok, Kenali Empat Penyebab Kanker Paru-paru

Ada yang sering kamu lakukan nih.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ilustrasi merokok (NBCnews)
Ilustrasi merokok (NBCnews)

Himedik.com - Beberapa penyebab kanker paru-paru masih belum menjadi perhatian banyak orang. Masih banyak yang menganggap hanya rokok yang menjadi masalah dari kanker ini.

Rokok memang punya kontribusi besar ketika berbicara tentang kanker paru-paru. Namun, sebaiknya kamu juga harus tahu penyebab lainnya.

Dari hasil penelusuran HiMedik dari berbagai sumber, ditemukan 4 penyebab selain merokok yang dapat menyebabkan kanker paru-paru.

1. Terpapar gas radon

Seseorang yang sering terpapar gas radon berisiko terkena kanker paru-paru meski ia tidak merokok. Gas ini termasuk dalam kelompok gas mulia dan terpapar ke manusia melalui tanah atau pipa dan saluran air.

Gas radon mengandung kadar radioaktif yang tinggi dan sejumlah bahan bangunan cenderung mengandung ini.

2. Riwayat penyakit paru-paru

Kanker paru-paru bisa menyerang seseorang yang punya riwayat penyakit paru-paru, misalnya bronkitis, TBC, dan penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit ini dapat memicu kanker yang disebabkan oleh peradangan pada organ vital ini.

Mereka yang sering atau pernah melakukan radiasi dada juga cenderung berisiko mengalami kanker paru-paru.

3. Paparan benzopyrene

Zat ini dapat kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Zat benzopyrene merupakan zat yang dihasilkan dari pembakaran.

Menurut Environmental Protection Agency di Amerika Serikat, zat ini masuk dalam kategori karsinogenik atau pemicu kanker. Selain dari sisa hasil pembakaran, zat benzopyrene dapat ditemukan pada asap kendaraan, asap industri dan asap rokok.

Mereka yang menghirup asap rokok memiliki risiko 20 persen lebih besar untuk mengidap penyakit ini.

4. Genetik

Memiliki keluarga yang punya riwayat kanker paru-paru juga membuat seseorang kemungkinan bisa terkena penyakit ini.

5. Asbestos

Asbestos juga termasuk dalam zat karsinogenik. Zat asbestos dapat bertahan lama di paru-paru ketika terhirup. Mereka yang bekerja sebagai tukang bangunan memiliki risiko lebih besar untuk menghirup zat ini serta mengembangkan kanker paru-paru, apalagi ditambah dengan kebiasaan merokok.

Risiko kanker paru-paru dapat kamu kurangi misalnya dengan menggunakan masker saat bekerja (tukang bangunan) atau saat berkendara. Kamu juga bisa mengecilkan risiko ini dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin E seperti kacang-kacangan.

Selain itu, rajin konsumsi apel, wortel, bayam serta kol dan kubis untuk mengecilkan risiko kanker paru-paru.

Berita Terkait

Berita Terkini