Info

Amankah Konsumsi Cokelat yang Punya Bintik Putih?

Sering lihat bintik putih pada cokelat? Baca ini sebelum kamu mengonsumsinya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Bintik putih pada cokelat. (unsplash)
Bintik putih pada cokelat. (unsplash)

Himedik.com - Bicara soal cokelat, hampir semua orang pasti menyukainya, baik itu dalam bentuk batangan, cair atau pun ketika diubah menjadi cake, apalagi ketika diberikan secara gratis.

Ya, harus diakui makanan ini selain punya rasa yang nikmat, cokelat juga bisa menenangkan perasaan ketika sedang kacau.

Beberapa sumber mengatakan konsumsi cokelat bisa menetralkan perasaan bahkan membuat perasaan menjadi lebih bahagia.

Dilansir dari dailymail, cokelat pada mulanya berasal dari Mesoamerika yang berkembang sekitar tahun 350 SM. Cokelat paling sering dihidangkan dalam bentuk minuman pada masa itu.

Minuman ini kemudian dipercaya sebagai sumber penghasil kekuatan. Nah, seiring berjalannya waktu, cokelat kemudian memiliki banyak jenis, seperti yang telah disebutkan di atas.

Saat ingin mengonsumsi cokelat batangan, kamu mungkin pernah mengalami kejadian di mana terdapat bintik-bintik putih pada cokelat.

Bintik putih pada cokelat. (unsplash)
Bintik putih pada cokelat. (unsplash)

Bintik putih terbentuk saat partikel lemak terpisah karena suhu dingin atau panas. Lemak dari cokelat ini muncul setelah melalui celah-celah hingga mencapai permukaan.

Bintik putih ini biasa dikenal dengan sebutan sugar bloom. Menyimpan cokelat di tempat yang terlalu dingin atau panas akan membuat bintik putih tersebut muncul.

Menurut ilmuwan Dr Stephen Roth, cokelat yang memiliki bintik putih ini masih aman untuk dikonsumsi. Untuk menghindari kondisi ini terjadi, maka kamu mungkin harus memakan cokelat dengan cepat sebelum sugar bloom terbentuk.

Itulah sebabnya, jika kamu menyimpan cokelat dalam lemari es dan menemukan bintik putih pada cokelatmu. Jadi, bintik putih pada cokelat masih aman untuk dikonsumsi ya.

Berita Terkait

Berita Terkini