Info

Autoimun, Saat Tubuh Serang Dirinya dan Penyakit yang Disebabkan

Autoimun merupakan kondisi saat sistem imun tubuh malah menyerang tubuh sehingga menyebabkan beberapa penyakit serius.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi sistem imun. (pixabay)
Ilustrasi sistem imun. (pixabay)

Himedik.com - Umumnya sistem imun tubuh berperan dalam melawan kuman berbahaya dan hal-hal lain yang seharusnya tidak ada dalam tubuh. Namun, terkadang sistem imun justru menyerang jaringan sehat dan hal itu dapat menyebabkan peradangan atau kerusakan pada sendi, saraf, otot, kulit, serta bagian tubuh lainnya. Kondisi ini dikenal dengan istilah autoimun.

Penyebab autoimun bisa berasal dari keturunan dan juga pengaruh lingkungan seperti terkena virus tertentu. Menurut para pakar, hormon tertentu juga memungkinkan menjadi penyebabnya dikarenakan pada kebanyakan kasus, autoimun lebih banyak menyerang wanita daripada pria.

Berikut beberapa penyakit yang disebabkan oleh autoimun:

Radang sendi

Gangguan autoimun ini mempengaruhi sendi dan menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit. Seiring berjalannya waktu, peradangan dapat merusak tulang rawan dan tulang keras.

Diabetes Tipe 1

Hal ini terjadi ketika sistem imun tubuh malah membunuh sel-sel di pankreas sehingga membuat produksi hormon insulin yang dibutuhkan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi terganggu.

Multiple Sclerosis (MS)

Ketika seseorang menderita MS, maka pertahanan tubuh akan terganggu dan menyebabkan peradangan yang merusak sistem saraf pusat. Akibatnya penderita akan mengalami masalah dengan pergerakan tubuh dan keseimbangan.

Lupus

Penyakit ini dapat menyerang beberapa bagian tubuh sekaligus. Gejalanya di antaranya terdapat ruam di area pipi dan hidung, nyeri sendi, sensitif terhadap cahaya, ginjal bermasalah, dan mudah lelah.

Berita Terkait

Berita Terkini