Info

Mengenal Susu Evaporasi, Alternatif Buat yang Suka Kental Manis

Teksturnya kental dan warna kekuningan mirip sekali dengan kental manis.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi susu evaporasi. (pixabay/couleur)
Ilustrasi susu evaporasi. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Bulan Juli silam, media ramai pemberitaan susu kental manis. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan intruksi kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) selaku pengawas izin edar untuk tidak mengkategorikan produk kental manis sebagai produk susu bernutrisi karena kandungan gulanya yang tinggi.

Menurut Direktur Gizi Masyarakat, Ir. Doddy Izwardi, MA, susu kental manis tak cocok untuk diminum balita atau dijadikan minuman sehat bagi keluarga. Bahkan pakar gizi Emilia Achmadi menyatakan bahwa jenis minuman tersebut lebih mirip dengan sirup berperisa susu.

Nah, kalau kamu penggemar kental manis sebaiknya beralih ke susu evaporasi. Tak mengandung banyak gula, susu ini sudah jelas bernutrisi karena terbuat dari susu segar.

Susu evaporasi terbuat dari susu sapi segar yang 60 persen kadar airnya dihilangkan sehingga teksturnya kental, tapi tidak mengandung gula tambahan.

Susu sumber vitamin D. (pixabay)
Ilustrasi susu sapi segar. (pixabay)

Cara menghilangkan kadar airnya yaitu dipanaskan, tetapi dengan tetap mempertahankan kandungan protein, kalsium, laktosa, lemak, vitamin, dan kandungan mineral lain di dalamnya. Sehingga susu tetap bernutrisi.

Susu evaporasi bisa disimpan dalam waktu lama. Susu ini biasanya sering dimanfaatkan untuk dijadikan bahan campuran adonan kue atau sebagai tambahan masakan. Kamu juga bisa menambahkan air lagi ke dalamnya dan meminumnya.

Gimana, bisa jadi alternatif kental manis kan? Apalagi tidak mengandung gula dan bernutrisi, sangat cocok dijadikan minuman sehat keluarga.

Berita Terkait

Berita Terkini