Info

Tak Hanya Cegah Kanker, Berikut Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Semangka mengandung vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Semangka. (pixabay)
Semangka. (pixabay)

Himedik.com - Semangka merupakan buah berwarna merah cerah yang kaya akan likopen. Menurut penelitian, antioksidan tersebut dapat membantu mengurangi risiko kanker dan diabetes.

Untuk merasakan manfaat likopen, pilih daging semangka berwarna merah bukan kuning atau oranye. Selain itu, semangka tanpa biji cenderung memiliki lebih banyak likopen dibandingkan dengan yang memiliki biji.

Semangka memiliki lebih banyak nutrisi daripada buah atau sayuran lainnya. Berikut telah dirangkum 5 manfaat semangka untuk kesehatan.

1. Melindungi kulit terbakar sinar matahari

Walaupun tidak banyak membantu, tapi makan semangka dapat melindungi kulit terbakar sinar matahari lho. Hal ini berkat kandungan antioksidan likopen di dalamnya.

Namun, hal itu masih perlu diteliti lebih lanjut. Maka dari itu, tetap gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih ketika beraktivitas di luar ruangan.

Semangka. (pixabay)
Semangka. (pixabay)

2. Baik untuk jantung

Semangka kaya asam amino yang disebut citrulline yang dapat membantu melancarkan aliran darah dan dapat menurunkan tekanan darah. Begitu pula dengan likopen, studi menunjukkan bahwa antioksidan tersebut dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Namun, tetap saja gaya hidup memengaruhi kesehatan jantung. Oleh sebab itu, pastikan juga berolahraga, tidak merokok, membatasi lemak jenuh, dan mengikuti saran dokter.

3. Baik untuk mata

Makan satu porsi semangka telah menyumbang lebih dari 30 persen asupan vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Nah, kamu yang mau mata sehat jangan lewatkan konsumsi semangka.

4. Mengurangi dehidrasi

Sebanyak 92 persen dari semangka adalah air. Jadi mengonsumsi semangka adalah cara sederhana untuk membantu tubuh tetap terhidrasi.

Berita Terkait

Berita Terkini