Info

Segudang Manfaat Tidur Siang yang Perlu Kamu Tahu

Siapa sangka tidur siang dapat tingkatkan performa kerja.

Stephanus Aranditio | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi tidur siang. (pixabay)
Ilustrasi tidur siang. (pixabay)

Himedik.com - Tidur di siang hari tidak hanya untuk bayi, tapi penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga sangat bagus untuk orang dewasa. Tidak perlu merasa malas karena tidur sejenak dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan kinerja, meningkatkan mood, dan mengurangi stres.

Hal ini terbukti dari penelitian yang menunjukkan bahwa tidur memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Seperti membantu seseorang mengingat hal-hal yang dipelajari pada pagi hari sebanyak tidur semalam penuh. Serta membantu meningkatkan keterampilan motorik, persepsi indra, dan ingatan verbal.

Tidak hanya membantu mengingat hal-hal yang baru saja dipelajari, tetapi tidur siang juga bisa membantu otak menarik suatu hubungan di antara kejadian yang ditemukan. Terbukti dalam sebuah penelitian, orang yang suka tidur siang merasa lebih mudah untuk mengumpulkan informasi yang mereka dapatkan pada hari sebelumnya.

Bahkan studi juga menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu seseorang tetap konsisten dalam bekerja. Begitu pula ketika merasa sedih, cobalah tidur sejenak untuk membuatmu bersemangat kembali.

Ilustrasi tidur setelah makan. (unsplash)
Ilustrasi tidur sejenak ketika lelah bekerja. (unsplash)

Manfaat tidur siang lainnya yaitu dapat menyegarkan pikiran. Para ahli mengatakan relaksasi yang datang dari berbaring atau beristirahat merupakan pendorong suasana hati terlepas apakah kamu tertidur atau tidak.

Namun, perhatikan durasi tidurmu. Tidur siang yang baik berkisar antara 10 hingga 30 menit. Jika lebih dari itu ada kemungkinan kamu mengalami inersia tidur yaitu perasaan bingung yang sulit hilang usai tidur di siang hari.

Jadi, tak masalah kok jika mau tidur siang ketika lelah bekerja. Hal ini lebih baik daripada minum kopi karena salah satu manfaat tidur siang dapat meningkatkan performa kerja.

Berita Terkait

Berita Terkini