Info

Dapur atau Kulkas, di Mana Sebaiknya Menyimpan Makanan?

Cukup simpan tomat di dapur supaya teksturnya tidak berubah.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Sayuran. (pixabay/pasja1000)
Sayuran. (pixabay/pasja1000)

Himedik.com - Banyak orang beranggapan bahwa tempat terbaik menyimpan makanan adalah di kulkas. Padahal tidak semua makanan cocok berada di suhu rendah. Beberapa makanan dianjurkan disimpan di suhu ruang karena perbedaan suhu dapat membuat rasa dan teksturnya berubah.

Pisang

Cukup simpan di meja karena menaruhnya di kulkas akan membuatnya menghitam dalam satu atau dua hari.

Tomat

Memang benar tomat lebih mudah busuk jika disimpan di meja dapur begitu saja, tetapi itu cara terbaik supaya cepat matang. Sebaliknya tomat akan bertahan lebih lama di lemari es, dengan risiko teksturnya menjadi lebih lunak dan kering.

Tomat/unsplash
Tomat/unsplash

Madu

Makanan manis tidak akan rusak jika Anda menyimpannya di dapur. Namun, tidak ada salahnya juga menyimpannya di kulkas.

Hanya saja teksturnya akan menjadi sangat kental sehingga sulit untuk dituang. Lagipula banyak orang yang berpendapat bahwa rasanya lebih baik pada suhu kamar.

Kentang

Simpan di dapur, di tempat sejuk, dan gelap. Jangan simpan di kulkas karena pati dalam kentang akan berubah menjadi gula, yang artinya itu akan mengubah tekstur dan rasa ketika dimasak.

Selain itu, suhu dingin juga akan membuat tunas kentang muncul dan di saat itulah kamu harus membuangnya.

Kentang. (pixabay)
Kentang. (pixabay)

Roti

Meski hanya bisa bertahan 2 hingga 4 hari, lebih baik simpan roti di suhu ruang. Menyimpannya di kulkas memang akan membuatnya bertahan lebih lama, tapi suhu rendah akan membuat teksturnya menjadi kering dan keras.

Keju

Rasanya memang lebih enak jika disimpan pada suhu kamar. Namun, seperti semua makanan yang terbuat dari produk hewani, tempat terbaik menyimpannya adalah kulkas.

Kopi

Tak lama setelah dipanggang, kopi akan kehilangan kesegaran. Jadi sebaiknya, belilah kopi cukup untuk satu atau dua minggu ke depan. Simpan di tempat sejuk, gelap, kering, dan kedap udara. Tak perlu menyimpannya di kulkas yang penting terjaga dari udara luar.

Intinya, cara menyimpan makanan tidak bisa disamakan. Untuk menjaga kualitasnya, masing-masing ada cara tersendiri.

Berita Terkait

Berita Terkini