Info

Lima Makanan Kaya Air yang Membantumu Tetap Terhidrasi

Mentimun, wortel, dan bayam kaya air lho.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi timun. (pixabay)
Ilustrasi timun. (pixabay)

Himedik.com - Minum air bukan satu-satunya cara supaya tubuh tetap terhidrasi karena biasanya kamu mendapatkan sekitar 20 persen air dari makanan setiap hari. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak lagi jika menyantap makanan kaya air.

Tak hanya mencukupi cairan tubuh, tetapi tubuh akan menyerapnya lebih lambat sekaligus mendapatkan nutrisi jika menyantap makanan kaya air. Apa sajakah?

1. Mentimun

Sebanyak 95 persen dari timun adalah air. Sayuran ini juga rendah kalori, membantu melawan peradangan, dan bahkan memperlambat proses penuaan.

2. Wortel

Teksturnya memang tidak seperti timun yang jika digigit langsung mengeluarkan air. Namun jangan salah, teksturnya yang renyah dan padat, ternyata juga mengandung sebanyak 90 persen air.

Apalagi wortel mengandung beta karoten dan antioksidan lain yang dapat melindungi tubuh dari kanker dan menjaga jantung tetap kuat.

Wortel. (pixabay)
Wortel. (pixabay)

3. Bayam

Sayuran hijau daun yang kerap diolah menjadi sayur ini juga kaya air. Meski tak sebanyak yang lainnya, bayam mengandung vitamin K, folat, mangan, magnesium, dan antioksidan yang membantu melawan peradangan dan kanker.

3. Seledri

Terdapat 95 persen air di dalamnya. Seledri juga rendah kalori serta tinggi vitamin K, folat, dan kalium.

Memiliki banyak serat seledri baik untuk pencernaan dan membantu mencegah peradangan dalam sistem pencernaan.

5. Bunga kol

Siapa yang menyangka bunga dari sayur kol ini mengandung sebanyak 92 persen air? Bunga kol juga kaya vitamin C, vitamin K, dan nutrisi lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan melindungi dari kanker. Namun, supaya nutrisinya tak hilang, jangan meresbusnya, melainkan dipanggang.

Itulah lima makanan kaya air yang dapat membantumu tetap terhidrasi. Dari kelimanya mana nih yang jadi favoritmu?

Berita Terkait

Berita Terkini