Info

Tips Liburan Sendirian yang Bikin Kamu Happy

Sudah siap liburan panjang sendirian? Intip tips ini yuk.

Tinwarotul Fatonah | Yuliana Sere

Liburan sendirian. (Unsplash/@Link Hoang)
Liburan sendirian. (Unsplash/@Link Hoang)

Himedik.com - Yeaa, libur panjang telah tiba. Pasti sudah banyak rencana yang telah kamu list dalam buku akhir tahunmu.

Bagi kamu yang kali ini akan libur sendirian, jangan bersedih. Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa bahagia meski tidak bisa berkumpul bersama keluarga.

Namun, tetap tidak bisa dipungkiri jika rasa kesendirian tetap akan kamu rasakan.

"Bagi orang yang merasa kesepian, liburan bisa sangat menegangkan karena melihat orang-orang bisa berkumpul dengan keluarga,'' kata Kory Floyd, Ph.D ., seorang profesor di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Perilaku di Universitas Arizona.

Meski tidak terlihat dan tidak penting bagi sebagian orang, kesepian dapat merusak kesehatan mental dan fisik.

Ilustrasi menonton drama. (unsplash/@Rhett Noonan)
Isi waktu liburan dengan menonton. (unsplash/@Rhett Noonan)

Ini telah dikaitkan dengan risiko penyakit kronis, penurunan kognitif, kebiasaan makan yang buruk, ketergantungan berlebih pada gadget, dsb.

Tetapi membuat beberapa perubahan pada pola pikir bisa bantu meringankan kesepian. Pertama, coba lakukan relaksasi dan hindari penggunaan gadget.

Faktanya, istirahatlah dari media sosial jika itu membuatmu merasa tidak lebih baik. Misalnya ketika kamu membandingkan kehidupanmu dengan teman-temanmu.

Ilustrasi baca buku. (pixabay)
Baca buku saat liburan. (pixabay)

Namun ini bervariasi bagi setiap individu. Beberapa orang tetap dapat menggunakan gadget tanpa berdampak pada kesehatan mental mereka.

Kedua, coba ikut volunteer pada sebuah komunitas. Satu studi pada 2017 mengatakan dua jam menjadi sukarelawan dapat mengurangi kesepian.

Ketiga, cobalah menonton film, membaca buku, menelpon atau facetiming bersama teman, olahraga atau bahkan stay di rumah sambil mendengarkan musik.

Alok Trivedi, seorang pelatih kinerja psikologis mengatakan, mengubah pola pikir terhadap sesuatu menjadi hal yang penting.

''Jika kamu mengalami kesendirian, tertekan atau stres selama ini, hal pertama yang kamu lakukan adalah membingkai ulang pemikiranmu,'' ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini