Info

Jangan Buru-buru Minum Es Kalau Tak Mau Alami Brain Freeze

Brain freeze merupakan sensasi dingin yang menyebabkan sakit kepala.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Minuman dingin. (pixabay/PhotoMIX-Company)
Minuman dingin. (pixabay/PhotoMIX-Company)

Himedik.com - Ketika musim panas tiba, semua minuman dingin dan mengandung es akan menjadi incaran. Mulai dari es campur, es kelapa muda, jus buah, hingga air mineral dingin sekalipun rasanya sudah cukup untuk melepas dahaga.

Dehidrasi, kehasuan, itu sudah pasti, tapi jangan sampai hal itu buat kamu menjadi seperti 'cacing' yang sedang kepanasan. Ketika air dingin ada di hadapan kamu, tanpa pikir panjang langsung meminumnya tanpa jeda.

Wah, pelan-pelan dong. Nanti kamu bisa kena brain freeze lho.

Brain freeze merupakan sensasi dingin yang menyebabkan kepala terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Hal itu terjadi ketika substansi dingin menyentuh langit-langit mulut.

Perlu kamu tahu bahwa langit-langit mulut itu dipenuhi dengan saraf-saraf reseptor yang sensitif termasuk juga pembuluh kapiler. Nah, brain freeze ini merupakan akibat langsung dari reaksi dingin yang cepat terhadap pembuluh kapiler.

Minum es dengan sedotan. (pixabay/bridgesward)
Minum es dengan sedotan. (pixabay/bridgesward)

Saat itu pula bagian tersebut akan membengkak, aliran darah ke otak meningkat, sehingga menyebabkan sensasi sakit kepala dalam sekejap. Lalu bagaimana supaya hal itu tidak terjadi?

Saat minum minuman dingin, usahakan untuk tidak menggunakan sedotan karena hal itu akan membuat cairan dingin langsung menyentuh langit-langit mulut. Namun, jika sensasi brain freeze tetap terasa, tekan lidah ke langit-langit mulut sebagai usaha mengembalikan suhu di dalamnya.

Kalau kamu, pernah mengalami brain freeze tidak nih? Kalau belum, cegah dengan cara di atas ya.

Berita Terkait

Berita Terkini