Info

Ketahui 5 Makanan yang Cepat Picu Alergi

Segera minta bantuan jika kamu mengalami gejala alergi makanan.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Alergi makanan. (unsplash)
Alergi makanan. (unsplash)

Himedik.com - Sering kali setelah mengonsumsi makanan tertentu, badan terasa gatal, panas, dan bahkan muncul bentol merah. Ini tandanya kamu mengalami alergi makanan.

Alergi makanan merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang bisa muncul jika tubuh tidak bisa menerima makanan.

Seperti dilaporkan medical daily, Ruchi Gupta, seorang profesor di Universitas Northwestern menyebutkan satu dari lima orang dewasa mengalami alergi makanan.

Namun, ia menjelaskan reaksi buruk belum tentu alergi. Dalam kasus tertentu, itu bisa menandakan beberapa kondisi, seperti intoleransi atau masalah pencernaan.

Berikut beberapa jenis makanan yang bisa picu alergi.

1. Kerang

Pada peringkat pertama, ada kerang. Bukan hanya kerang, udang, lobster dan kepiting pun bisa menyebabkan alergi. Temuan mencatat ada 7,2 juta orang dewasa yang mungkin mengalami alergi ini. Ini disebabkan oleh tubuh menyerang protein dari famili ikan krustasea dan moluska.

2. Susu

Di tempat kedua, diperkirakan ada 4,7 juta orang dewasa yang menderita alergi susu. Alergi susu juga lazim terjadi pada balita.

Alergi makanan. (unsplash)
Alergi makanan. (unsplash)

3. Kacang

Alergi kacang bisa memengaruhi sekitar 3 hingga 4,5 juta orang. Meski belum ada obatnya, sebuah metode pengobatan yang dikenal sebagai imunoterapi oral baru-baru ini menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk penyembuhan alergi kacang tanah.

4. Ikan bersirip

Alergi ikan sirip memengaruhi sekitar 2,2 juta orang. Ini biasanya melibatkan reaksi negatif terhadap ikan bersirip seperti salmon, tuna, dan halibut.

5. Telur

Dalam kebanyakan kasus, ini akan merujuk pada alergi putih telur. Namun, bisa saja seseorang juga alergi terhadap kuning telur.

Untuk itu, sangat penting bagimu untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami mual, muntah, diare, bengkak pada wajah, masalah pernapasan, gata-gatal atau sakit perut.

Berita Terkait

Berita Terkini