Info

Makan Sendirian Ternyata Tak Baik bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Makan sendirian ada hubungannya dengan depresi.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

ilustrasi makan sendirian - (Unsplash/Chetan Hireholi)
ilustrasi makan sendirian - (Unsplash/Chetan Hireholi)

Himedik.com - Banyak orang suka makan sendirian. Padahal, belum lama ini sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan sendirian ada risikonya.

Dikutip dari The Guardian, beberapa studi menyebutkan bahwa makan sendirian ada hubungannya dengan masalah-masalah seperti depresi, penyumbatan pasokan darah ke jantung, obesitas, dan sindrom metabolik, kombinasi antara diabetes dan tekanan darah tinggi.

Analisis sebuah survei terhadap sekitar 8.000 orang dewasa oleh Oxford Economics and the National Centre for Social Research for Sainsbury’s menunjukkan bahwa makan sendirian memiliki hubungan yang lebih kuat dengan ketidakbahagiaan daripada faktor lain apa pun, kecuali penyakit mental.

Di sisi lain, Naveed Sattar, profesor kedokteran metabolisme di University of Glasgow, mengatakan bahwa makan sendirian mungkin disebabkan oleh masalah berat badan, bukan penyebabnya.

"Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas dan Anda agak malu terkait porsi makanan Anda, Anda mungkin sedikit menghindari makan dengan orang lain dan memilih lebih sering makan sendirian," katanya.

Di sisi lain, Dr Stephanie Cacioppo, seorang ahli sistem saraf di University of Chicago, mengatakan, ada faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan juga.

"Pertanyaan sebenarnya adalah, bagaimana perasaan Anda saat makan," katanya.

"Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda merasa kesepian saat makan, baik saat makan sendirian atau saat makan dengan teman, Anda akan memiliki asupan kalori-lemak yang lebih tinggi tiap sajian makanan," lanjutnya.

Sementara itu, menurut Sam Dick, anggota Campaign to End Loneliness, makan sendirian bisa menjadi masalah jika itu bukan keinginan seseorang.

"Memilih makan sendiri sangat berbeda dengan harus makan sendiri. Momen kesendirian untuk menikmati makan malam tidak sama dengan tidak memiliki teman makan, yang umumnya dialami orang tua," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini