Info

Ahli Sarankan 5 Cara Alami Ini agar Moms Hamil Bayi Kembar

Jangan sampai kebiasaan Moms menghambat peluang punya anak kembar.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

ilustrasi bayi kembar - (Pixabay/mgeejnr)
ilustrasi bayi kembar - (Pixabay/mgeejnr)

Himedik.com - Memiliki bayi kembar menjadi impian beberapa orang tua. Meskipun bukan Moms yang menentukan, tetapi pakar menyebutkan, terdapat beberapa kiat memperbesar peluang hamil bayi kembar.

Dikutip dari Momjunction, terdapat dua macam anak kembar: identik dan non-identik. Hampir sepertiga dari anak kembar adalah tipe identik, yang juga dikenal sebagai kembar monozigot. Mereka berkembang ketika satu sel telur dibuahi oleh satu sperma dan dibagi menjadi dua embrio terpisah.

Keduanya berbagi plasenta dan memiliki komposisi genetik yang sama. Terbentuknya janin kembar identik juga bisa terjadi pada wanita yang menjalani metode bantuan kesuburan.

Sementara kembar non-identik, yang juga dikenal sebagai kembar dizigotik, berkembang ketika dua telur dibuahi oleh dua sperma. Mereka unik dan tidak memiliki komposisi genetik yang sama serta memiliki plasenta yang berbeda.

Karena bayi kembar non-identik hanya memiliki separuh dari susunan genetik yang sama, mereka tidak selalu memiliki jenis kelamin yang sama.

Baik identik atau non-identik, menurut Rebecca Malachi, ahli nutrisi kehamilan dan gaya hidup, bayi kembar dapat dihasilkan tergantung dari kebiasaan Moms. Maka dari itu, jika Moms mendambakan anak kembar, ikuti lima cara yang disarankan Malachi berikut ini:

1. Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung susu

Menurut penelitian yang dilakukan Dr Gary Steinman dkk, mengonsumsi produk yang mengandung susu memiliki keterkaitan dengan hamil anak kembar. Wanita yang mengonsumsi susu memiliki peluang lima kali lebih banyak untuk menghasilkan anak kembar daripada yang tidak.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa pemicunya bukan hanya produk susu, tetapi juga hormon pertumbuhan yang ada dalam susu (susu dari sapi yang diberi hormon pertumbuhan).

ilustrasi susu - (Pixabay/Imoflow)
ilustrasi susu - (Pixabay/Imoflow)

2. Makan ubi liar

Ubi liar sangat menstimulasi ovarium dan menghasilkan pelepasan lebih dari satu sel telur untuk ovulasi. Karena itu, cara ini akan meningkatkan peluang Anda untuk menghasilkan anak kembar.

Wanita Afrika memiliki kesempatan lebih bagus untuk memiliki anak kembar karena mereka mengonsumsinya sebagai bagian dari diet etnis di sana. Diketahui, suku Yoruba di Afrika Barat memiliki tingkat kembaran tertinggi.

Makanan kaya protein lainnya yang memiliki sifat menstimulasi hiperovulasi adalah tahu, isoflavon kedelai, gandum utuh, dan biji-bijian utuh.

3. Menyusui saat hamil

Jika Moms masih menyusui anak bayi Moms dan hamil lagi, Moms cenderung memiliki anak kembar. Tubuh Moms menghasilkan prolaktin dalam persentase yang lebih tinggi selama fase menyusui, dan itu meningkatkan peluang Moms untuk hamil anak kembar.

4. Minta suami makan makanan yang kaya akan zinc

Makanan yang kaya akan zinc, seperti sayuran berdaun hijau, tiram, roti, dan biji-bijian, merangsang produksi sperma. Dengan begitu, kemungkinan pembuahan lebih dari satu sel telur akan meningkat.

5. Atur selisih waktu kehamilan

Untuk meningkatkan peluang Moms mengandung anak kembar, aturlah selisih waktu antara dua kehamilan Moms. Jarak yang pendek antara kehamilan satu dan lainnya menghambat peluang Moms untuk memiliki anak kembar.

Berita Terkait

Berita Terkini