Info

Ini Jumlah Serat yang Harus Kamu Konsumsi Setiap Hari

Setiap tubuh berbeda, namun ini standar yang ditetapkan menurut para ahli

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Buah menjadi salah satu makanan yang mengandung serat. (pixabay)
Buah menjadi salah satu makanan yang mengandung serat. (pixabay)

Himedik.com - Bicara soal diet, serat biasanya berada di salah satu urutan nutrisi bergizi yang dibutuhkan tubuh. Namun, berapakah jumlah serat ideal yang diperlukan tubuh?

Melansir dari health, World Health Organization atau Organisasi Kesehatan Dunia melakukan penelitian terhadap 250 studi prospektif dan uji klinis yang dilakukan selama 40 tahun.

Peneliti menemukan setidaknya 25 hingga 29 gram serat yang harus dikonsumsi setiap hari untuk hasil kesehatan yang optimal.

Studi menemukan, mereka yang paling banyak mengonsumsi serat mengalami penurunan 15 hingga 30% dalam semua penyebab kematian serta kematian terkait kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit serat.

Penelitian juga menunjukkan, asupan serat yang tinggi dikaitkan dengan penyakit yang kurang kronis.

Artinya, makan makanan yang banyak serat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, DM tipe 2, kanker payudara, dan kanker usus besar.

Sayuran tinggi serat. (pixabay)
Sayuran tinggi serat. (pixabay)

Makanan kaya serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga berat badan tetap terkendali. Ini terjadi karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk bergerak melalui sistem pencernaan dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Peneliti merekomendasikan agar menghindari kue dan roti dan menggantinya dengan biji-bijian, gandum, beras merah, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Menurut peneliti, mengonsumsi 25 hingga 29 gram setiap hari sudah memadai tetapi data menunjukkan bahwa asupan serat yang lebih tinggi dapat memberikan perlindungan yang lebih besar.

Dengan kata lain, jangan ragu untuk memberikan tubuh makanan yang bergizi. Kamu juga harus ingat, setiap tubuh memiliki struktur yang berbeda.

Mereka yang memiliki kadar zat besi rendah mungkin akan menjaga asupan serat seperti biji-bijian dan kacang-kacangan karena ini dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam darah.

Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk bisa mendapatkan serat yang cukup bagi tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini