Info

Tidur Pakai Kaus Kaki Bikin Lebih Nyenyak, Kenapa?

Ini alasan lain kenapa kamu harus memakai kaus kaki saat tidur malam

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Tidur pakai kaus kaki bikin lebih nyenyak. (Unsplash/Rafael Lodos)
Tidur pakai kaus kaki bikin lebih nyenyak. (Unsplash/Rafael Lodos)

Himedik.com - Tidur memakai kaus kaki bisa bikin lebih nyenyak. Menurut National Sleep Foundation, menjaga kaki agar tetap hangat saat tidur bisa membuatmu tidur lebih nyenyak.

Jika kamu merasa dingin, maka pembuluh darah akan mengecil sehingga kamu tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Melansir dari boldsky, membiasakan memakai kaus kaki di malam hari bisa membantu pengaturan suhu internal tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan, orang dewasa yang mengenakan kaos kaki di tempat tidur tertidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Ini terjadi karena suhu tubuh internal seseorang turun pada malam hari dan mencapai suhu terendah sekitar jam 4 pagi.

Menjaga kaki tetap hangat akan membantu melebarkan pembuluh darah. Ini meningkatkan aliran darah ke kulit dan panas dilepaskan melalui kulit sehingga menurunkan suhu tubuh.

Suhu tubuh rata-rata manusia berada di kisaran 36 hingga 37 derajat Celcius, tetapi suhu ini berbeda 1 hingga 2 derajat selama 24 jam.

Suhu inti tubuh seseorang dipengaruhi oleh ritme sarkadian yang membantu menentukan pola tidur tubuh saat malam hari dan bangun di pagi hari.

Pada siang hari, suhu tubuh naik perlahan, mencapai puncaknya pada sore hari. Kemudian pada malam hari, suhu tubuh menurun yang membuat seseorang merasa mengantuk.

Ketika kamu tertidur, suhu turun 1 hingga 2 derajat yang merupakan sinyal bahwa tubuh mulai menghemat energi untuk fungsi tubuh lainnya. Lalu ketika kamu tidur dengan kaus kaki, itu membantu mengatur siklus suhu tubuh.

Kaus kaki. (unsplash/@Jisu Han)
Kaus kaki. (unsplash/@Jisu Han)

Berikut beberapa alasan lain untuk memakai kaus kaki di malam hari.

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Sirkulasi yang buruk di kaki dan tungkai menyebabkan pembengkakan di pembuluh darah, nyeri kaki, dan membuat kaki terasa dingin. Mengenakan kaus kaki katun di malam hari meningkatkan sirkulasi darah di kaki dengan menghangatkan kakimu.

2. Mencegah hot flash

Wanita dalam fase menopause mengalami hot flash yang menyebabkan kehangatan tiba-tiba di dalam tubuh, berkeringat, jantung berdebar, dll. Mengenakan kaus kaki di malam hari akan menurunkan suhu inti tubuh dan mendinginkan tubuh, sehingga mencegah hot flash.

3. Membuat seks lebih baik

Pasangan yang memakai kaus kaki di malam hari sebenarnya bisa melakukan hubungan seks lebih baik dan lebih cenderung mengalami orgasme saat berhubungan seks, menurut para peneliti di University of Groningen.

4. Mengurangi gejala penyakit Raynaud

Salah satu gejala penyakit Raynaud adalah tangan dan kaki menjadi sangat dingin. Ini adalah penyakit yang memengaruhi pembuluh darah di kulit dan aliran darah berkurang ke tangan dan kaki yang menyebabkan mati rasa.

Mengenakan kaus kaki bisa mengurangi rasa dingin dan mati rasa di kaki dan menjaganya tetap hangat. Pastikan pakai kaus kaki yang nyaman, jangan terlalu ketat, dan berbahan lembut seperti katun atau wol.

Berita Terkait

Berita Terkini